Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ladies, Simak Cara Bersihkan Wajah dengan Benar agar Makin Cantik

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Apakah sobat Holopis sudah menerapkan langkah bersihkan wajah dengan tepat? Hal ini jangan sampai salah, ya. Pasalnya, membersihkan wajah merupakan salah satu langkah penting untuk mewujudkan kulit wajah yang sehat, tak hanya itu kebiasaan ini juga dapat mencegah munculnya jerawat, mengatasi kulit kusam, serta mencegah penuaan dini.

Meski begitu, masih banyak wanita yang menyepelekan dan melakukannya dengan langkah atau cara yang salah. Seperti, menggosok wajah terlalu kasar atau mengeringkan wajah dengan sembarangan. Simak penjelasan beriku guna mengetahui cara membersihkan wajah yang benar, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Rabu (24/5).

1. Menggunakan Make Up Remover

Jangan pernah berpikir bahwa, mencuci wajah dengan sabun sudah cukup untuk membuat wajah anda bersih. Tak hanya menggunakan pembersih wajah, bila sedang menggunakan riasan atau make up, anda juga perlu membersihkan wajah dengan metode double cleansing. Saat melakukan metode ini, anda perlu menggunakan make up remover sebelum mencuci muka dengan sabun. Metode ini diketahui lebih efektif dalam mengangkat kotoran, serta sisa kulit mati di permukaan kulit dan pori-pori. Sekarang tersedia berbagai jenis make up remover yang dapat anda pilih sesuai jenis kulit, seperti micellar water, milk cleanser, dan cleansing balm. Selain itu, anda juga dapat menggunakan minyak zaitun untuk mengangkat sisa riasan.

2. Menggunakan Pembersih yang Tepat bagi Wajah

Ladies, pilih dan gunakan produk pembersih wajah dengan formula gentle yaitu yang tidak mengandung alkohol dan pewangi. Penggunaan produk ini cocok digunakan untuk segala jenis kulit, khususnya kulit sensitif dan kering. Bila kulit anda berminyak atau berjerawat, pilihlah produk yang mengandung asam salisilat. Selain daripada itu, hindari menggunakan sabun yang tidak diperuntukkan bagi wajah, karena dapat mengubah keseimbangan pH kulit.

3. Mencuci Muka dengan Lembut

Hindari menggosok wajah terlalu kasar, bukannya bersih hal tersebut justru dapat merusak lapisan luar kulit. Apalagi bila dilakukan untuk waktu yang lama, dapat mengganggu produksi sebut, membuat kulit kering, hingga memicu iritasi. Itu sebabnya, jika mencuci wajah usahakan untuk melakukannya secara lembut, dan lakukan cukup selama 30 detik. Anda dapat menggunakan air dingin ataupun air hangat untuk membilas wajah, hindari air panas karena dapat membuat kulit wajah anda menjadi kering.

4. Keringkan Wajah

Bila anda salah satu orang yang senang membiarkan air mengering dengan sendirinya setelah mencuci muka, hentikan hal itu karena bukanlah suatu kebiasaan yang baik. Air yang dibiarkan pada permukaan kulit dapat menguap, dan justru membuat kulit menjadi lebih kering. Itu sebabnya, setelah mencuci muka sebaiknya keringkan menggunakan handuk bersih atau tisu. Lakukan dengan gerakan menepuk dan jangan digosok-gosok, hindari juga penggunaan handuk pengering tangan yang menggantung di wastafel, meski terlihat bersih namun tetap saja ada banyak bakteri yang menempel di sana.

5. Hindari Terlalu Sering Mencuci Muka

Meski teknik cuci muka yang anda lakukan sudah benar, namun masih sering mencuci muka secara berlebihan percuma saja. Pasalnya, terlalu sering mencuci muka justru dapat membuat kulit semakin kering, hal ini juga berlaku untuk eksfoliasi. Mencuci muka cukup dilakukan saat pagi hari dan malam sebelum tidur, serta ketika berkeringat. Selain itu, untuk eksfoliasi anda bisa lakukan beberapa kali dalam seminggu.

Itulah langkah-langkah membersihkan muka dengan tepat dan benar, wanita wajib memperhatikannya agar kesehatan kulit wajah tetap terjaga. Selain membersihkan wajah, jangan lupa untuk mengoleskan pelembab secara merata pada kulit wajah anda. Langkah ini penting guna mengunci kelembaban kulit yang baru saja dibersihkan, lalu anda bisa melanjutkan tahap skin care lainnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru