Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Ketahui Manfaat Obat Kumur untuk Jaga Kesehatan Gigi dan Gusi

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Penting untuk selalu menjaga kesehatan gigi dan gusi, agar tidak menimbulkan penyakit. Sisa makanan yang tertinggal di sela gigi dapat menumpuk dan membentuk plak yang menempel pada gigi, tak hanya itu zat asam yang terdapat dalam plak tersebut juga dapat mengikis email atau lapisan luar gigi secara perlahan, sehingga menyebabkan masalah pada gigi seperti gigi berlubang dan radang gusi (gingivitis).

Namun, untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi tidak dapat dilakukan hanya dengan menyikat gigi setiap hari. Anda juga perlu menggunakan obat kumur, guna membersihkan gigi dan gusi secara menyeluruh dan efektif. Simak penjelasan berikut guna mengetahui pentingnya obat kumur bagi kesehatan gigi dan gusi anda, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Rabu (24/5).

Pentingnya Obat Kumur bagi Kesehatan Gigi dan Gusi

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bila ingin kebersihan gigi dan gusi tetap terjaga tak hanya cukup dengan rutin menyikat gigi setiap hari. Menjaga kebersihan gigi dan gusi, juga harus dibarengi dengan berkumur menggunakan obat kumur atau mouthwash setelah menyikat gigi.

Penelitian membuktikan bahwa, obat kumur dapat membersihkan sisa makanan di area gigi atau mulut yang tidak terjangkau oleh sikat gigi. Selain itu, obat kumur juga dapat menghilangkan atau mengendalikan jumlah bakteri jahat di dalam mulut. Sehingga, pembentukan plak pada gigi penyebab masalah mulut dan gigi pun dapat berkurang.

Meski begitu, perlu diingat bahwa penggunaan obat kumur untuk kesehatan gigi dan gusi harus disertai dengan menyikat gigi secara rutin. Lakukan setidaknya 2 kali sehari, serta menggunakan benang gigi guna menghilangkan sisa makan yang terselip di sela gigi. Simak juga berbagai kandungan dalam obat kumur dan manfaatnya yang baik bagi gigi dan gusi.

Berbagai Kandungan dalam Obat Kumur serta Manfaatnya

1. Fluoride, rutin berkumur dengan obat kumur yang mengandung bahan ini terbukti dapat membantu mengurangi resiko terjadinya gigi berlubang. Selain itu, fluoride juga berfungsi untuk melapisi kembali email gigi, serta mencegah hilangnya mineral dari email gigi, dan menghambat pertumbuhan bakteri berbahaya dalam mulut.

2. Teh Hijau, dengan kandungan senyawa yang dipercaya dapat melapisi kembali email gigi, mengurangi plak, serta mengurangi pertumbuhan bakteri jahat di rongga mulut, dan menurunkan tingkat keasaman air liur. Itu sebabnya, ekstrak teh hijau sering digunakan sebagai kandungan obat kumur.

3. Minyak Esensial, penggunaan obat kumur yang mengandung minyak esensial tea tree oil atau ekstrak tanaman lain seperti daun thyme, mint, dan siwak, atau mengandung zat kimia seperti thymol, methyl salicylate, menthol, serta eucalyptol. Diketahui, zat-zat tersebut memiliki sifat antiseptik yang dapat melindungi mulut dari radang gusi (gingivitis), dan mengurangi pembentukan plak pada gigi.

Itulah manfaat baik dari obat kumur, dalam membantu menjaga kesehatan gigi dan gusi yang perlu diketahui. Tak hanya penting untuk menyikat gigi dan menggunakan obat kumur, jangan lupa untuk rutin memeriksakan kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru