Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ini Cara Bersihkan Karang Gigi yang Benar, Catat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Karang gigi merupakan masalah umum yang sering terjadi pada gigi. Karang gigi terbentuk saat bakteri dan sisa makanan menempel di gigi lalu mengeras, bila dibiarkan terlalu lama tanpa adanya penanganan karang gigi dapat menimbulkan masalah lainnya seperti bau mulut, gigi berlubang, radang gusi, atau bahkan tanggalnya gigi.

Itu sebabnya, penting untuk memahami cara membersihkan karang gigi dengan benar agar gigi terbebas dari masalah gigi dan mulut yang satu ini. Selain itu, anda juga perlu menjaga kebersihan dan kesehatan gigi guna mencegahnya muncul kembali. Simak penjelasan berikut ini guna mengetahui bagaimana cara membersihkan karang gigi yang benar. Seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com, dari situs resmi Alodokter, Rabu (24/5).

Cara Membersihkan Karang Gigi

Munculnya karang gigi, dapat dikenali dari adanya lapisan kotoran berwarna kuning atau coklat di antara gigi atau di bagian belakang. Untuk membersihkannya anda wajib mengunjungi dokter gigi, sehingga mereka dapat melakukan scaling gigi sebagai cara membersihkan karang gigi.

Adapun dalam prosedur ini, seluruh karang gigi akan dibersihkan menggunakan alat pengikis (scaler). Bila jumlah karang gigi tergolong banyak hingga menyebabkan penyakit gusi, dokter akan menyarankan pembersihan mendalam (deep cleaning) dengan menambahkan prosedur root planing.

Pada prosedur ini, dokter akan meratakan atau menghaluskan permukaan kasar pada akar gigi. Hal ini bertujuan untuk membantu gusi menempel kembali ke gigi anda, cara membersihkan karang gigi ini memakan waktu kurang lebih 15-25 menit. Namun, tergantung pada kondisi dan banyaknya karang gigi yang dibersihkan, selain itu mungkin juga dibutuhkan beberapa kali kunjungan ke dokter gigi agar karang gigi benar-benar musnah dari gigi anda.

Mencegah Karang Gigi

Memang satu-satunya cara membersihkan karang gigi yang terbaik, adalah pergi ke dokter. Namun, anda dapat mencegah karang gigi terbentuk dan menumpuk dengan menjaga kebersihan dan kesehatan gigi. Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah karang gigi, diantaranya yaitu:

1. Menggosok gigi dua kali sehari, lakukan setelah makan dan sebelum tidur di malam hari, masing-masing selama dua menit
2. Gunakan pasta gigi yang mengandung fluoride, guna membantu memperbaiki lapisan gigi yang rusak
3. Gunakan benang gigi, setelah menyikat gigi untuk membersihkan sisa makanan di sela-sela gigi
4. Berkumur dengan obat kumur (mouthwash) antiseptik, guna membantu membunuh bakteri di mulut
5. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis
6. Berhenti merokok
7. Kunjungi dokter gigi, lakukan pemeriksaan kesehatan gigi 6 bulan sekali

Tidak ada cara membersihkan karang gigi selain daripada scaling, atau prosedur yang dilakukan dokter. Pasalnya, berbagai cara alami yang diklaim mampu membersihkan karang gigi belum terbukti efektifitasnya. Itu sebabnya, bila anda mengalami kondisi ini segera kunjungi dokter guna mendapat penanganan yang tepat dalam membersihkan karang gigi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru