Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Selama Progam Subsidi, Motor Listrik Baru Terjual 381 Unit

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama program subsidi motor lisrik digulirkan oleh pemerintah, baru 381 unit motor listrik yang berhasil jual. Angka tersebut diungkapkan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) berdasarkan atas situs Sisapira hingga 20 Mei 2023.

“Berdasarkan data situs Sisapira, hingga 20 Mei 2023, tercatat 381 unit motor listrik yang sudah laku terjual,” kata Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kemenko Marves, Rachmat Kaimuddin dalam dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Minggu (21/5).

Selain itu, Rachmat juga mengungkapkan sudah ada 200 lebih permohonan untuk konversi motor listrik. Bahkan untuk mobil listrik, Wuling mengalami kenaikan penjualan hingga 80 persen sejak program subsidi itu diberlakukan.

“Sementara untuk mobil listrik, Wuling Air EV dan Hyundai Ioniq 5 sudah memenuhi syarat TKDN 40 persen dan konsumen sudah bisa mendapatkan diskon PPN. Wuling bahkan mengalami kenaikan penjualan sebanyak 80 persen sejak insentif berlaku,” ungkapnya.

Kemenko Marves juga unkap data peningkatan produsen motor listrik di Indonesia. Dari yang sebelumnya hanya 3 (tiga) produsen kini sudah bertambah jadi 10 produsen yang memenuhi syarat Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 40 persen.

“Per 19 Mei 2023, 252 dealer dari 10 produsen motor listrik telah terverifikasi dan siap memfasilitasi penjualan kendaraan motor listrik dengan bantuan pemerintah,” kata Rachmat.

Dari data yang ada, per tanggal 16 Mei 2023, ada 18 tipe motor listrik yang masuk dalam program subsidi motor listrik. Sama halnya dengan penyedia layanan konversi motor bensin ke listrik, juga mulai meningkat.

“Sementara untuk program motor konversi per 17 Mei 2023, terdapat 6 bengkel konversi yang terdaftar di platform digital Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM),” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

BMW Eurokars Kebon Jeruk Jadi Diler Berkonsep Retail.Next di Jakarta Barat

BMW Group Indonesia meresmikan dealernya, dengakn konsep yang berbeda. Kali ini, BMW Eurokars Kebon Jeruk hadir dengan konsep Retail.Next dan tampilan yang mewah serta eksklusif.

Huawei Mau Ikut Ramaikan Pasar Kendaraan Listrik di Indonesia

Huawei dikabarkan akan memperluar sayap bisnisnya di Indonesia, tidak hanya di pasar teknologi informasi dan komunikasi. Seperti diketahui, Huawei punya beberapa produk gadget yang dipasarkan di Indonesia.

Pabrik Handal Bekasi jadi Lokasi Perakitan Mobil Listrik Neta X

Mobil Listrik Neta X mulai dirakit di pabrik Handal, Bekasi, Jawa Barat. Ini menjadi produk kedua PT Neta Auto Indonesia yang dirakit di Indoensia, setelah sebelumnya ada Neta V-II.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru