HOLOPIS.COM, JAKARTA – Dalam pameran kendaraan listrik PEVS 2023 (Periklindo Electric Vehicle Show), juga diramaikan perusahaan kendaraan lokal seperti PT MAB (Mobil Anak Bangsa) yang membawa sejumlah mobil segmen niaga.

Salah satu produk yang dipamerkan, yakni Aquila sebuah truk sampah atau compactor berbasis listrik.

Ukurannya mobil ini cukup besar, dengan dimensi panjang 8.600 mm, lebar 2.500 mm, tinggi 2.990, dan wheelbase 3.800 mm.

Sebagai mobil pengangkut sampah, daya tampung yang dimiliki Aquila cukup besar dengan kapasitas hingga 16 ton.

“Yang di sebelah kiri ini adalah untuk mengangkut sampah, ini salah satu yang kita kembangkan dengan kapasitas angkutan sekitar 16 ton,” kata CEO PT MAB, Kelik Irwantono dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Jumat (19/5).

Mobil Sampah Listrik
Aquila mobil sampah listrik buatan PT MAB (Mobil Anak Bangsa), yang dipamerkan dalam ajang PEVS 2023 di JIExpo Kemayoran. [Foto : Holopis.com/RPG]
Mobil ini juga sudah dilengkapi dengan teknologi pengolahan sampah, yang secara otomatis berfungsi saat sampah dimasukan kedalam bak. Aquila, akan jadi Electric Truck Low Entry pertama yang ada di Indonesia.

Untuk spesifikasi sendiri, E-truck produksi PT MAB ini dibekali paket baterai tipe LiFePo dengan kapasitas 315,85 kWh. Dengan baterai tersebut, Aquila diklaim mampu menempuh jarak 250 km dalam sekali charge. Untuk mengisi baterainya sampai penuh memakan waktu sekitar 3 jam.

Kemudian mesin motor yang digunakan, bisa menghasilkan tenaga maksimal sebesar 240 kW dan torsi maksimum 2500 Nm. Kemudian kecepatan untuk maksimalnya, dapat mencapai angka sekitar 100 km/jam.

Melalui kehadiran Aquila ini serta produk-produk niaga MAB lainya, Kelik berharap kendaraan komersial di Indonesia akan segera bertransformasi menjadi elektrik.

“Kita berharap kedepannya, semua kendaraan seperti ini akan mengarah ke kendaraan berbasis listrik baterai,” ungkapnya.