Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Jokowi Gelontorkan 3 Triliun Demi Sensus Pertanian : Gak Banyaklah

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi meminta agar pelaksanaan Sensus Pertanian bisa dilakukan dalam kurun waktu yang tidak lagi terlalu lama yakni 10 tahun.

Mantan Wali Kota Solo itu bahkan meminta agar pelaksanaan Sensus pertanian tersebut bisa dilakukan minimal sekali dalam kurun waktu lima tahun.

“Dan ini sudah pelaksanaan terakhir 10 tahun yang lalu, Pak Kepala BPS ya? Menurut saya juga kelamaan,” kata Jokowi dalam pembukaan sensus pertanian 2023 seperti dikutip Holopis.com, Senin (15/5).

“Sudah berjalan berubah setiap tahun, keputusannya masih pakai data 10 tahun yang lalu. Mestinya ini setiap lima tahun lah,” sambungnya.

Jokowi pun menanggapi dengan santai mengenai anggaran dari pelaksanaan sensus yang menghabiskan dana triliunan rupiah tersebut.

“Biayanya juga enggak banyak, berapa sih mungkin Rp3 triliunan menurut saya. Tapi penting, bagaimana saya bisa memutuskan sebuah kebijakan kalau datanya enggak akurat yang paling ter-update, terkini,” klaimnya.

Jokowi kemudian mengakui banyak sejumlah data pertanian yang tidak akurat didapatkannya selama beberapa bulan terakhir.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu kemudian menganggap, hal tersebut menjadi persoalan bagi pemerintah dalam menentukan kebijakan di bidang pertanian.

“Kita tahu untuk menghasilkan sebuah kebijakan yang tepat butuh data yang akurat, sering kita kedodoran di sini. Lahan pertanian kita berapa, butuh pupuk berapa, sering data itu tidak siap dan akurat,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru