Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

5 Tips Sederhana Atasi Insomnia, Catat!

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Insomnia merupakan kondisi dimana seseorang sulit tertidur, atau tidak dapat tertidur dengan nyenyak. Tak hanya dialami pada usia dewasa, insomnia juga diketahui dapat menyerang semua golongan usia, sehingga penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan segara.

Insomnia tak dapat dianggap sepele, bila dibiarkan secara berkepanjangan justru akan berdampak buruk terhadap kesehatan. Adapun, masalah-masalah yang dapat muncul akibat insomnia berkepanjangan seperti stres, depresi, hingga berbagai kelainan kronis lainnya, yaitu diabetes dan sakit ginjal.

Maka, penting untuk kita semua mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Berikut tips sederhana atasi insomnia yang patut anda ketahui, seperti yang telah dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Kamis (11/5).

Tips Sederhana Atasi Insomnia :

Sebelum memutuskan untuk mengkonsumsi obat-obatan untuk mengatasi insomnia yang anda alami, terdapat beberapa kebiasaan baik yang dapat membantu anda hilangkan insomnia secara perlahan, diantaranya yaitu:

1. Tidur dan bangun dalam periode teratur, maksudnya adalah tidur diwaktu yang sama setiap malamnya dan bangun juga dengan waktu yang sama di pagi hari. Tujuannya agar tubuh terbiasa dengan, dan mulai merasa mengantuk pada jam tidur, serta merasa kembali segar saat bangun di pagi hari.

2. Konsumsi makanan yang mengandung rendah karbohidrat sebelum tidur, penelitian mengungkapkan makan makanan rendah karbohidrat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Sebaliknya, bila mengkonsumsi makanan tinggi karbohidrat sebelum tidur dapat mengganggu kualitas tidur anda di malam hari.

3. Kurangi konsumsi makanan atau minuman yang bersifat stimulan, seperti teh kopi, alkohol, dan rokok. Pasalnya, bila mengkonsumsi jenis-jenis minuman yang telah disebutkan justru dapat membuat anda terjaga lebih lama di malam hari, dan hanya memperburuk insomnia.

4. Mandi dengan air hangat 30 menit atau 1 jam sebelum tidur, hal ini bertujuan untuk menurunkan ketegangan otot setelah seharian beraktivitas. Selain itu, mandi air hangat dapat membantu melemaskan otot, serta membuat anda lebih santai dan mengurangi tingkat stres.

5. Berolahraga secara teratur, hal ini bertujuan untuk menyeimbangkan sistem saraf serta meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, berolahraga secara teratur juga dapat membantu menghilangkan hormon stres dan membuat tubuh lebih rileks.

Itulah beberapa tips sederhana atasi insomnia, dengan mengubah pola kebiasaan sebelum tidur seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Perlu diingat, segera periksakan kesehatan ke fasilitas kesehatan terdekat bila gejala insomnia atau insomnia tak kunjung sembuh, agar mendapat penanganan secara tepat dan cepat.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...

Manfaat Okra, Superfood Punya Segudang Kebaikan untuk Kesehatan

Okra, atau yang juga dikenal dengan nama ladies' fingers, merupakan sayuran hijau yang banyak digunakan dalam berbagai masakan di seluruh dunia. Meski sering dianggap sebagai sayuran sederhana, okra sebenarnya kaya akan manfaat kesehatan yang luar biasa.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru