HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kondisi dimana terjadinya penumpukan lemak berlebihan atau obesitas, akibat ketidak seimbangan energi yang masuk dan yang keluar merupakan masalah kesehatan yang tak hanya bisa menyerang anak-anak, namun juga dapat menyerang kelompok usia dewasa, bahkan lansia.

Obesitas terjadi akibat pola hidup tidak sehat yang dilakukan penderitanya, kondisi ini bukanlah hal yang dapat disepelekan begitu saja.

Dengan demikian, sangat penting untuk menerapkan perilaku hidup sehat dan rutin, serta melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit setiap harinya agar terhindar dari obesitas.

Anda perlu mengetahui bagaimana cara mencegahnya, agar obesitas tidak berdampak lebih buruk bagi kesehatan baik dalam jangka pendek, maupun dalam jangka panjang.

Berikut kami jabarkan beberapa tips atau cara menghindari obesitas, khususnya pada orang dewasa yang berusia 18 sampai 60 tahun, sebagaimana dirangkum Holopis.com, dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI, Kamis (11/5).

Tips Mencegah Obesitas untuk Orang Dewasa :

  1. Hindari mengonsumsi minuman bersoda;
  2. Membuat atau mengatur target aktifitas fisik yang teratur, misalnya jalan kaki 10.000 langkah;
  3. Membatasi konsumsi jus buah;
  4. Menimbang berat badan dan mengukur lingkar perut secara teratur;
  5. Lakukan aktivitas fisik atau berolahraga secara baik, benar, terukur, serta teratur;
  6. Berfikir positif dan mengendalikan emosi makan

Demikian beberapa tips sederhana dan mudah dilakukan, guna mencegah obesitas atau penumpukan lemak berlebihan pada orang dewasa.

Dengan menjalankan tips tersebut, diharapkan dapat membantu mengekang berat badan berlebihan dan cegah obesitas, yang tentunya dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Dengan melakukan setiap tips atau cara yang dijabarkan, dapat membantu anda mencegah obesitas.

Tetap terapkan perilaku hidup sehat, pola makan yang sehat dengan konsumsi makanan bergizi, serta membatasi jumlah makanan yang dikonsumsi setiap harinya, agar tubuh tetap sehat dan fit, serta berat badan tetap ideal.