HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pertamina mulai melakukan uji coba disejumlah daerah untuk pembatasan Pertalite, dengan menggunakan aplikasi MyPertamina. Namun, uji coba belum dilakukan di seluruh daerah.

“Itu yang di wilayah uji coba, kan baru terbatas wilayah uji cobanya,” ujar Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Irto Ginting dalam keterangan yang dikutip Holopis.com, Kamis (11/5).

Irto mengatakan, daerah uji coba pembatasan Pertalite antara lain Aceh, Bengkulu, Bangka Belitung, dan Timika.

Dalam uji coba ini, bagi masyarakat yang belum terdaftar di aplikasi MyPertamina akan dibatasi saat membeli BBM jenis Pertalite hanya 20 liter atau Rp 200 ribu per hari.

Uji coba ini dilakukan, untuk mengatur agar subsidi yang diberikan tepat sasaran dan tidak lebih dari kuota yang ditetapkan pemerintah.

“Prinsipnya pengaturan perlu kita lakukan agar subsidi bisa tepat sasaran dan tidak melebihi kuota yang ditetapkan Pemerintah,” jelas Irto.

Sebelumnya, Pertalite dan BBM jenis solar sudah lebih dulu dibatasi. Pertamina sendiri sejak 1 Desember sudah mewajibkan penggunaan QR Code untuk bertransaksi solar subsidi.