Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizSri Mulyani Jamin Utang Jumbo Indonesia Dikelola Hati-hati

Sri Mulyani Jamin Utang Jumbo Indonesia Dikelola Hati-hati

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati mengatakan bahwa pemerintah tetap melakukan pengadaan utang di tengah kondisi perekonomian global yang penuh dengan ketidakpastian.

Sri Mulyani yang juga menjabat Ketua Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK) itu pun menjamin, pihaknya akan tetap mengedepankan unsur kehati-hatian dalam mengelola utang tersebut.

“Untuk pengadaan utang tetap dalam prinsip kehati-hatian dengan kondisi pasar dan kas pemerintah yang saat ini cukup tinggi,” kata Sri Mulyani dalam konferensi pers KSSK yang dikutip Holopis.com, Selasa (9/5).

Sebagai informasi, total utang Indonesia per 31 Maret 2023, tercatat sudah mencapai Rp7.879 triliun atau 39,17 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia. Sri Mulyani pun mengklaim, besaran utang tersebut masih terbilang aman.

Lebih lanjut, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu juga menegaskan, bahwa kebutuhan pembiayaan utang saat ini masih cenderung aman, meskipun dinamika perekonomian global sampai dengan saat ini masih tidak pasti.

“Kebutuhan pembiayaan hingga April dan awal Mei masih cukup ample di tengah dinamika perekonomian global yang tidak pasti,” ujarnya.

Bendahara Negara itu lalu menambahkan, di samping utang, APBN juga tetap dikelola secara hati-hati, dengan memberi ruang sebagai shock absorber.

“Kinerja APBN sesuai target dan dalam hal ini meski komoditi trennya moderasi, kita tetap antisipasi lewat APBN,” tuturnya.

Dengan demikian, lanjut Sri Mulyani, APBN masih akan berperan optimal sebagai peredam gejolak global dan momentum nasional.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Tambah Sajian Kuliner, PT JMRB Resmi Hadirkan Gerai Eats and Co di Travoy Hub

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sebagai bentuk mendongkrak kebutuhan pengunjung dari...

Australia Hentikan Penyelidikan Antidumping Produk Nanas Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pemerintah Australia memutuskan untuk menghentikan penyelidikan...

IHSG Melesat Usai BI dan The Fed Turunkan Suku Bunga

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada perdagangan Sesi I hari ini, Kamis (19/9), melesat hingga berhasil tembus level resistance 7.900.

SRBI Makin Laku, Kepemilikannya Capai Rp 918,42 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat kepemilikan Sekuritas Rupiah Bank Indonesia (SRBI) sampai dengan tanggal 17 September 2024 telah mencapai Rp 918,42 triliun.