JAKARTA, HOLOPIS.COM – Direktorat Jenderal Bina Marga, Sekretariat Daerah Istimewa Yogyakarta, PT Angkasa Pura I (Persero), Badan Pengatur Jalan Tol, dan PT Jogjasolo Marga Makmur, bersepakat dengan desain jalan tol yang akan menghubungkan Solo-Yogyakarta-Bandara Internasional Yogyakarta (YIA) Kulon Progo.

Kesepakatan itu akan mencakup rencana desain akses simpang susun YIA pada Jalan Tol Solo-Yogyakarta-YIA, dengan desain persimpangan tidak sebidang dari dan menuju YIA.

“Dengan telah disepakatinya sinkronisasi desain konektivitas jalan tol yang terhubung langsung dengan Bandara Internasional Yogyakarta ini,” ujar Faik Fahmi, Direktur Utama PT Angkasa Pura I (Persero) dalam keterangan resmi, Rabu (28/7).

“maka para pemangku kepentingan dapat melakukan proses selanjutnya terkait pembangunan tol dan aksesibilitasnya sehingga akses tol dari dan menuju YIA ini dapat segera terwujud,” lanjut Faik.

Nantinya kereta api Bandara YIA yang menghubungkan YIA dengan Stasiun Tugu Yogyakarta, mulai dioperasikan pada 17 Agustus 2021.

Dengan begitu, pilihan transportasi untuk menuju Bandara YIA menjadi bertambah. Sebelumnya pilihan transportasi ke Bandara YIA, ada shuttle bus, taksi bandara (taksi reguler dan taksi daring), bus DAMRI, kereta api dari stasiun terdekat (Stasiun Tugu).