HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Surya Sedunia yang diperingati setiap tanggal 3 Mei ternyata mempunyai makna dan tujuan tersendiri dalam menjaga lingkungan.

Dimana para ilmuwan sejarah, arkeolog, serta pembesar Yunani menetapkan 3 Mei sebagai hari surya sedunia didasari oleh peran matahari yang begitu besar untuk bumi dan kehidupan manusia.

Peringatan ini bertujuan untuk mengingatkan manusia untuk selalu menjaga kelestarian alam dan sekitarnya.

Penempatan tanggal ini juga dilakukan berdasarkan peran surya atau matahari yang begitu besar untuk kehidupan manusia sebagai sumber energi yang tidak terbatas.

Baru tahun 1994, International Solar Energy Society (ISES) sebuah organisasi global yang beranggotakan lebih dari 110 negara, memperkarsai Hari Surya Sedunia ini.

ISES adalah organisasi global yang terakreditasi PBB yang memiliki tujuan untuk mempromosikan pengembangan dan pemanfaatan energi terbarukan

Peringatan Hari Surya Sedunia ini pun secara detail adalah bertujuan untuk mengajak warga dunia memahami tentang pentingnya sumber energi terbarukan, khususnya matahari ini.

Peringatan ini juga menyampaikan pesan bagaimana peran matahari yang begitu besar untuk kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Tujuannya mengingatkan akan pentingnya peran matahari untuk kehidupan dan agar selalu menjaga kelestarian alam dan lingkungannya.