Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ini 5 Makanan yang Aman Dikonsumsi Penderita Asam Urat

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Memilih jenis makanan bagi penderita asam urat, tidak boleh sembarangan. Hal ini perlu diperhatikan pasalnya bila tidak, konsumsi makanan yang tidak tepat justru dapat menyebabkan kadar asam urat naik dan membuat gejalanya kambuh.

Penyakit asam urat terjadi ketika kadar asam urat dalam darah meningkat melebihi batas normal. Kondisi ini menyebabkan sendi bengkak dan terasa nyeri ataupun panas, umumnya naiknya kadar asam urat dalam tubuh akibat konsumsi jenis makanan yang mengandung tinggi purin.

Purin merupakan senyawa yang akan terurai menjadi asam urat dalam tubuh, oleh sebab itu untuk mengurangi kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah gejalanya kambuh, ketahui apa saja jenis makanan yang cocok bagi penderita asam urat. Seperti yang dirangkumkan Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Minggu (30/4).

1. Kentang
Kentang diketahui mengandung purin yang rendah, sehingga baik dikonsumsi penderita asam urat dan membantu menurunkan resiko serangan asam urat ketika kambuh.

2. Kacang Polong
Selain kentang, kacang polong juga merupakan makanan dengan kandungan rendah purin. Oleh karena itu, pengidap penyakit asam urat dapat mengkonsumsi kacang polong karena dapat membantu mencegah serangan asam urat.

3. Ceri
Buah ceri diketahui dapat mengurangi peradangan dan menurunkan kadar asam urat, hal ini dikarenakan dalam buah ceri terdapat kandungan antosianin. Itu sebabnya, konsumsi buah ceri baik bagi penderita asam urat dan mencegahnya kambuh.

4. Alpukat
Kandungan kaya lemak baik dan antioksidan, serta vitamin E dalam buah alpukat memiliki efek anti radang untuk mengatasi serangan asam urat. Sehingga, buah alpukat baik dikonsumsi penderita asam urat dan mencegahnya kambuh.

5. Jeruk
Makanan yang baik dan aman dikonsumsi penderita asam urat yang terakhir yaitu jeruk, pasalnya buah ini terbukti baik dalam menurunkan kadar asam urat dalam tubuh, dan mencegahnya kambuh. Hal ini karena, jeruk mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan yang dapat meredakan peradangan pada penyakit asam urat.

Penderita asam urat perlu untuk memperhatikan jenis-jenis makanan yang dikonsumsi, agar terhindar dari kambuhnya asam urat. Itulah beberapa makanan yang disarankan bagi pengidap penyakit asam urat, yang dapat anda coba.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Menkes Bongkar Bobroknya Sistem Kesehatan di Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Budi Gunadi...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru