HOLOPIS.COM, JAKARTA – Munculnya sariawan kerap membuat penderitanya sulit makan dan minum, penyebab pasti munculnya sariawan belum diketahui hingga saat ini. Namun, sariawan di lidah, bibir, atau mulut bagian dalam biasanya muncul akibat infeksi virus atau jamur, alergi makanan, cedera, menurunnya sistem kekebalan tubuh, dan kekurangan nutrisi tertentu.

Terkadang, sariawan juga dapat muncul akibat rasa stres yang dialami seseorang. Sering muncul tiba-tiba dan mengganggu, membuat siapapun tidak nyaman pada kondisi ini. Bila dalam keadaan mendesak dan belum menemukan obat sariawan, anda tak perlu khawatir. Terdapat beberapa obat alami, yang dapat membantu mengatasi nyeri yang mengganggu sekaligus mempercepat penyembuhan sariawan. Seperti yang dirangkum Holopis.com dari situs resmi Alodokter, Sabtu (29/4).

1. Larutan Garam
Dengan berkumur menggunakan larutan garam, terbukti efektif meredakan nyeri serta mengurangi peradangan, dan mempercepat proses penyembuhan jaringan gusi, bibir, atau mulut yang terserang nyeri dan perih sariawan. Cukup campurkan 1 sendok teh garam dalam ½ cangkir air hangat, kemudian berkumur menggunakan larutan garam tersebut selama 15 hingga 30 detik. Tak hanya larutan air garam, anda juga dapat menggunakan baking soda sebagai obat sariawan.

2. Madu
Memiliki kandungan bersifat anti radang dan antibakteri, madu diketahui baik dan efektif untuk dijadikan obat sariawan alami. Anda dapat mengobatinya dengan, mengoleskan madu ke luka sariawan sebanyak 3 sampai 4 kali dalam sehari, lakukan hingga sariawan benar-benar sembuh. Perlu diingat, jenis madu yang terbukti baik dalam menyembuhkan sariawan yaitu, jenis madu murni tanpa melewati proses pasteurisasi.

3. Teh Chamomile
Senyawa anti radang dan antiseptik dalam chamomile, seperti azulene dan levomenol dipercaya dapat membantu meredakan dan mempercepat proses penyembuhan sariawan. Untuk mengobati luka sariawan, rendam kantong teh chamomile di air hangat, lalu kompres luka sariawan dengan kantong teh tersebut selama 5 menit, sebanyak 3 hingga 4 kali sehari.

4. Sayuran dan Buah-Buahan
Obat alami yang dapat membantu redakan nyeri dan perih, serta mempercepat proses penyembuhan sariawan yang terakhir yaitu konsumsi sayur dan buah-buahan. Hal ini bertujuan agar kebutuhan nutrisi seperti vitamin B, vitamin C, zinc, zat besi, dan folat terpenuhi. Adapun, nutrisi-nutrisi yang dibutuhkan untuk mengatasi sariawan dapat anda peroleh dari suplemen tambahan.

Perlu diingat pula, penting untuk mencukupi kebutuhan cairan dalam tubuh. Pasalnya, sariawan dapat menyebabkan mulut kering dan meningkatkan resiko dehidrasi, oleh karena itu usahakan untuk selalu mengkonsumsi air putih sebanyak 2 sampai 3 liter perhari agar sariawan anda lebih cepat sembuh.