Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Gigachat Buatan Rusia Siap Lawan Kecanggihan ChatGPT

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pesaing ChatGPT mulai bermunculan, salah satunya chatbot AI asal Rusia bernama Gigachat yang dibuat Sberbank yang merupakan bank milik negara. Namun, kemunculannya ini masih dalam tahap uji coba.

Gigachat punya fitur unggulan, yakni kemampuannya berkomunikasinya dalam bahasa Rusia yang lebih baik ketimbang jaringan neural asing lainnya.

Dikutip Holopis.com dari Interesting Engineering, Jumat (28/4), Sberbank sudah keluarkan banyak uang untuk investasi di bidang teknologi.

Tujuannya, yaitu untuk mengurangi ketergantungan terhadap impor teknologi dari Barat, terutama di tengah invasi Rusia ke Ukraina yang masih berlangsung.

Ditambah lagi, saat ini beberapa negara Barat berikan sanksi kepada Rusia. Sayangnya, tidak ada informasi jelas terkait asal chip yang akan dibutuhkan untuk penelitian dan pengembangan AI ke depannya.

GigaChat
GigaChat merupakan chatbot buatan Rusia. [Foto : Tangkapan layar]

Seperti diketahui, kehadiran ChatGPT membuat banyak pihak tertarik. Bahkan Microsoft langsung menanamkan modal miliaran dolar ke OpenAI.

Selain itu, Microsoft juga membenamkan ChatGPT ke produknya, seperti Bing, Edge, dan Microsoft 365.

Beberapa perusahaan juga sudah mulai membuat AI untuk menyaingi ChatGPT, seperti Google yang membuat Bard. Kemudian, Baidu yang meluncurkan Erniebot. Lalu, ada Alibaba meluncurkan model AI bernama Tongyi Qianwen.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

iOS 18 Meluncur, Lakukan Hal Ini Sebelum Update!

Apple telah resmi meluncurkan sistem operasi terbaru untuk smartphone iPhone mereka, yakni iOS 18. iOS anyar dari raksasa teknologi Amerika Serikat ini membawa segudang fitur baru dan peningkatan performa yang menarik.

Daftar iPhone yang Masih Kebagian iOS 18, Ada Punyamu?

Apple kembali menghadirkan inovasi terbaru melalui iOS 18. Sistem operasi ini membawa segudang fitur menarik yang membuat pengalaman pengguna iPhone semakin seru.

Roy Minta Kepala BSSN dan Budi Arie Dicopot Usai Data Ditjen Pajak Jebol

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pakar telematika, Roy Suryo merasa geram...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru