HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pelantun lagu IL Sogno, beberapa hari yang lalu mengabarkan lewat sosial media nya bahwa ia mengidap penyakit autoimun Systemic Lupus Erytematosus atau (SLE). Lantas, apa itu penyakit SLE? Ini penjelasannya.

Systemic Lupus Erythematosus atau (SLE) adalah penyakit autoimun yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh menyerang jaringannya sendiri. Penyakit ini juga dikenal dengan penyakit Lupus.

Mengutip website resmi Kemenkes, penyakit Lupus dapat mempengaruhi hampir semua organ tubuh. Selain itu, Lupus dapat menimbulkan gejala seperti demam, nyeri sendi dan otot, ruam kulit, sariawan, bengkak pada tungkai, sakit kepala, kejang, nyeri dada, sesak nafas, pucat, dan pendarahan.

Cara Mencegah Autoimun SLE

Meski tidak ada yang mengetahui kapan penyakit itu datang, alangkah baiknya jika melakukan antisipasi atau pencegahan dini. Seperti pepatah mencegah lebih baik dari mengobati.

Penyakit autoimun SLE bisa menyerang siapa saja dan demi menghindari hal tersebut, ini beberapa cara mencegah penyakit autoimun SLE:

1. Batasi diri dari paparan sinar matahari
2. Hindari stres sebab, stress sangat memengaruhi kondisi tubuh
3. Pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat seperti olahraga yang cukup
4. Berhenti merokok
5. Menjalankan diet nutrisi
6. Bisa melakukan yoga dan meditasi untuk manajemen stres.
7. Istirahat yang cukup setiap malam, kurang lebih tujuh hingga sampai sembilan jam.