Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

15 Kalimat Minta Maaf dalam Bahasa Jawa saat Lebaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Lebaran merupakan momen yang dinantikan oleh umat muslim di seluruh dunia, termasuk di Indonesia.

Di Indonesia, Lebaran sering disebut juga sebagai Hari Raya Idul Fitri atau Hari Raya Lebaran selalu identik dengan suasana kegembiraan, kumpul-kumpul dengan keluarga, dan berbagai macam makanan lezat.

Namun, di sisi lain, Lebaran juga merupakan momen untuk saling memaafkan dan memohon maaf kepada orang lain.

Dalam budaya Jawa, bahasa Jawa sering digunakan sebagai alat untuk memohon maaf di momen Lebaran. Pada artikel kali ini, Holopis.com akan membahas kumpulan kalimat minta maaf dalam bahasa Jawa saat Lebaran.

Pengenalan Bahasa Jawa

Bahasa Jawa adalah salah satu bahasa yang banyak digunakan di Indonesia, khususnya di Pulau Jawa. Bahasa Jawa memiliki sejarah yang panjang, bahkan beberapa zaman dahulu bahasa Jawa sering digunakan sebagai bahasa resmi di beberapa kerajaan di Jawa.

Bahasa Jawa memiliki beberapa perbedaan dengan bahasa Indonesia, baik dalam hal pengucapan maupun tata bahasa.

Tradisi Lebaran di Jawa

Lebaran di Jawa memiliki makna yang sangat penting bagi masyarakat Jawa. Selain sebagai momen untuk bersilaturahmi dengan keluarga, Lebaran di Jawa juga sering dimaknai sebagai momen untuk mempererat hubungan sosial dengan sesama.

Salah satu tradisi yang dilakukan saat Lebaran di Jawa adalah meminta maaf dan memaafkan kepada orang lain. Berikut ini beberapa contoh kalimat minta maaf dalam bahasa Jawa yang bisa Sobat Holopis gunakan saat Lebaran :

    1. Bapak/Ibu/Eyang, ingkang sepindah kula ngaturaken sugeng riyadi kagem Bapak/Ibu. Kaping kalihipun, kula nyuwun pangapunten dumateng sedaya kalepatan ingkang kula sengaja lan ingkang mboten ngaja.
      (Bapak/Ibu/Nenek, pertama saya mengucapkan Selamat Idulfitri. Kedua, saya mohon maaf atas semua kesalahan yang saya perbuat baik secara sengaja maupun tidak sengaja).
    2. Kulo ngaturaken sembah pangabekti, nyuwun pangapunten dumateng sedaya kalepatan kula. Mugi lineburo ing dinten riyaya punika.
      (Saya mengutarakan bakti saya dan meminta maaf atas semua kesalahan. Semoga dileburkan di hari raya ini).
Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S

Pasca Diresmikan Jokowi, PT JSN Lakukan Pengalihan Transaksi Gerbang Tol Colomadu

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Sehubungan dengan telah diresmikannya Jalan Tol Joga-Solo...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru