Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Catat, Ini 4 Cara Atasi Tenggorokan Gatal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tenggorokan gatal umumnya dapat disebabkan oleh infeksi virus maupun bakteri. Hal ini kerap kali menimbulkan rasa tak nyaman pada tenggorokan penderitanya, hingga iritasi di area yang terdampak.

Maka, penting untuk mengetahui bagaimana cara mengatasinya. Simak penjelasan berikut ini, seperti yang telah dirangkum Holopis.com melalui situs resmi Halodoc, Rabu (19/4).

1. Berkumur Air Garam
Menghilangkan tenggorokan gatal dapat dilakukan dengan berkumur air garam, pasalnya air garam dapat melegakan tenggorokan yang sakit maupun gatal akibat infeksi bakteri dan virus. Anda cukup menambahkan setengah sendok teh garam dalam satu cangkir air hangat, untuk menghilangkan gatal pada tenggorokan anda.

2. Humidifier
Bila tenggorokan gatal yang sedang dialami akibat udara kering atau alergi, anda dapat mengatasinya dengan humidifier. Penggunaannya akan sangat membantu menjaga lendir tidak mengering dan mengiritasi bagian belakang tenggorokan. Oleh sebab itu, anda dapat menggunakannya guna atasi tenggorokan gatal yang mengganggu.

3. Konsumsi Madu
Berikutnya cara untuk mengatasi tenggorokan gatal yaitu dengan konsumsi madu. Konsumsi dua sendok teh madu dapat membantu redakan iritasi tenggorokan serta batuk, perlu diingat penggunaan madu tidak dianjurkan bagi anak yang berusia di bawah satu tahun. Pasalnya, hal ini dapat menyebabkan infant botulism (keracunan yang disebabkan bakteri clostridium botulinum).

4. Konsumsi Teh Hangat atau Sup Panas
Ketika tenggorokan mendapat asupan cairan yang cukup, dapat membantu menjaga selaput lendir tetap bersih, mencegah penumpukan benda asing yang menimbulkan rasa tak nyaman pada tenggorokan. Maka, konsumsi teh hangat, air hangat, maupun sup panas dapat membantu redakan tenggorokan gatal karena suhu hangat yang dihasilkan membantu tengkan area gatal.

Itulah beberapa tips redakan tenggorokan gatal sederhana yang dapat anda lakukan dari rumah saja, namun bila tenggorokan gatal dialami lebih dari 10 hari dan disertai gejala seperti sulit bernafas, gatal-gatal, demam, sulit menelan, pembengkakan pada wajah, mengi, hingga sakit tenggorokan parah. Segera periksakan kesehatan anda ke dokter, guna mendapat penanganan lebih lanjut.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jagal di Gunungkidul Diminta Tak Sembelih Hewan Ruminansia dan Cegah Penyakit Ternak Zoonasis

Kepolisian Daerah (Polda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bersama Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Gunungkidul melakukan sosialisasi dan edukasi larangan penyembelihan hewan ruminansia dan bahaya penyakit binatang ternak zoonosis.

Waspada! Mpox di Afrika Sudah Tak Terkendali

HOLOPIS.COM - Angka kasus cacar monyet (monkey pox/Mpox) di...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru