Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Bupati Meranti Rela Korupsi Demi Jadi Gubernur

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membeberkan tujuan Bupati Meranti Muhammad Adil melakukan sejumlah tindakan korupsi.

Wakil Ketua KPK, Alexander Marwata mengatakan, Muhammad Adil yang disebut-sebut merupakan kader PDIP ini mengumpulkan modal untuk pemilihan gubernur di 2024 mendatang.

Cara pengumpulan modal tersebut dilakukan Adil melalui setoran-setoran dari kepala satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

“Setelah terkumpul, uang-uang setoran tersebut kemudian digunakan untuk kepentingan MA di antaranya sebagai dana operasional kegiatan safari politik rencana pencalonan MA untuk maju dalam Pemilihan Gubernur Riau di tahun 2024,” kata Alexander dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Sabtu (8/4).

Modus Adil pun diduga adalah meminta setoran dari kepala SKPD berupa potongan uang persediaan (UP) dan ganti uang persediaan (GU).

“Kemudian dikondisikan seolah-olah adalah utang pada MA,” imbuhnya.

Besaran pemotongan UP dan GU yang ditentukan oleh Adil sekitar 5 hingga 10 persen untuk setiap SKPD.

“Selanjutnya setoran UP dan GU dalam bentuk uang tunai dan di setorkan pada FN yang menjabat Kepala BPKAD Pemkab Kepulauan Meranti sekaligus adalah orang kepercayaan MA,” pungkasnya.

KPK diketahui sebelumnya melakukan operasi tangkap tangan terhadap Bupati Meranti, Muhammad Adil.

Pada saat penangkapan, turut diamankan pula Sekda Kabupaten Kepulauan Meranti, Kepala BPKAD Pemkab Kepulauan Meranti merangkap Kepala Cabang PT Travel TM, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Pemkab setempat, pemeriksa BPK Kepulauan Riau, dan pihak swasta pemilik PT TM.

KPK kemudian juga membagi tiga klaster kasus dalam OTT ini. Pertama, pemotongan anggaran 2022-2023. Kedua, soal dugaan korupsi penerimaan fee dari jasa travel umrah. Ketiga, terkait suap pemeriksaan keuangan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Viral Tren ‘Gak Bisa Yura’ Bikin Netizen Dapat Momen Curcol

Baru-baru ini, bagian reff dari lagu "Risalah Hati" sering digunakan sebagai latar musik video TikTok untuk tren "gak bisa Yura".

Susunan Skuad Arsenal vs Manchester United di Laga Praseason

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pertandingan sengit antara Arsenal vs Manchester...

Dompet Dhuafa Sukses Tebar Hewan Kurban 1444 H, Sasar 1,7 Juta Lebih Penerima Manfaat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Ketua Panitia Tebar Hewan Kurban...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru