Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Tank T-90SM Mampu Identifikasi dan Hancurkan Sasaran Disaat Siang Maupun Malam

JAKARTA, HOLOPIS.COM – T-90MS atau dikenal juga sebagai T-90SM adalah versi mutakhir dari keluarga tank T-90S yang dibuat oleh pabrik Uralvagonzavod (UVZ) Rusia. Induknya yaitu T-90 adalah Main Battle Tank (MBT) generasi ketiga yang telah digunakan sejak 1993. T-90MS diresmikan pada tahun 2011 untuk Angkatan Darat Rusia dan pasar ekspor.

Tank ini diperlihatkan untuk pertama kalinya kepada publik di pameran pertahanan Rusia Expo pada September 2011. T-90MS merupakan modernisasi total dari T-90 dengan menyentuh semua karakteristik dari varian dasar untuk meningkatkan kemampuan operasional dalam pertempuran dan melawan ancaman modern medan perang.

Dr. Deni Ferdian, Direktur Center for Materials Processing and Failure Analysis (CMPFA) Fakultas Teknik Universitas Indonesia menjelaskan T-90MS termasuk varian T- 90 dengan berat di antara medium ke heavy tank yaitu 50 ton. Tank T-90 merupakan versi yang cukup banyak populasinya setelah T -72. “Tank ini juga yang kemudian digunakan untuk Transfer of Technology (ToT) dengan tank produksi India,” jelasnya.

Tak heran jika tank T-90 bukan hal baru dalam militer India, yang disebut sebagai operator asing terbesar untuk tank tersebut dengan sekitar 1.650 tank telah beroperasi sejak awal 2000. Sebagian besar tank T-90 milik India dirakit sendiri oleh Pabrik Kendaraan Berat India (HVF) yang bekerja di bawah lisensi perusahaan Rusia. India telah lama mengandalkan persenjataan buatan Rusia, sejak era Uni Soviet, untuk memperkuat militernya, baik senjata sederhana, hingga pesawat, kapal perang, maupun jet tempur.

Pada April 2019 Komite Kabinet untuk Keamanan (CSC) India juga telah menyetujui rencana pembelian 464 tank tempur utama (MBT) T-90MS dari Rusia oleh New Delhi.

Pembelian senilai 1,93 miliar dolar AS itu ditujukan guna memperkuat 10 resimen kendaraan tempur lapis baja Angkatan Darat India. India dipastikan akan merakit tank T-90MS yang dikirim dalam bentuk kit dari Rusia melalui industri dalam negeri, Heavy Vehicles Factory (HVF) di Avadi, Chennai, wilayah India bagian tenggara.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru