Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Wayan Koster Tolak Israel Lagi, ANOC World Beach Games di Bali Berpotensi Batal

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Gubernur Bali, Wayan Koster tetap menolak kehadiran tim Israel yang akan hadir di ANOC World Beach Games, pada 5-12 Agustus di Bali.

“Saya tetap berpatokan pada konstitusi dan juga Permenlu no 3 tahun 2029 yang melarang untuk mengibarkan bendera dan lagu kebangsaan Israel sebagai satu entitas di Indonesia,” ucap Wayan, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Rabu (5/4).

“Jadi saya tetap menolak kehadiran Israel di Bali, termasuk di ANOC World Beach Games mendatang,” sambungnya.

Lanjutnya, Wayan mengungkapkan alasan lain dirinya menolak tim Israel karena potensi keamanan dan keselamatan masyarakat.

“Saya tidak mentolerir potensi gangguan keamanan dan keselamatan masyarakat di Bali, yang lebih lanjut akan berdampak luas atas kerja keras semua pihak selama ini,” tambahnya.

Selain itu, menurutnya kehadiran Tim Israel juga akan menimbulkan pro dan kontra di Indonesia, terutama mengenai konflik dengan Palestina.

Koster juga tetap berpegang teguh dengan prinsip kemanusiaan sesuai amanat Soekarno dalam menolak Timnas Israel.

“Karena didasarkan pada hal yang prinsip terkait kemanusiaan, sejarah, dan tanggung jawab pergaulan antar-bangsa dan aspirasi masyarakat kepada FIFA,” katanya lagi.

Kemudian, Koster berpendapat bahwa penolakan kedatangan Tim Israel juga sudaih sesuai dengan amanat UUD 1945.

“Indonesia tidak memiliki hubungan diplomatik dengan Israel,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kader PDI Perjuangan tersebut jadi salah satu orang yang gamblang menolak kehadiran kehadiran Timnas Israel.

Seperti sebelumnya, Wayan menolak Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023, sehingga tanpa alasan yang pasti, FIFA mengumumkan bahwa Piala Dunia U-20 di Indonesia batal sepenuhnya seiring dengan memuncaknya aksi penolakan Timnas Israel.

Kini, ANOC World Beach Games pun tentu terancam batal digelar di Indonesia, mengingat ada keterlibatan Israel di dalamnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Jabar Juara Umum PON XXI Aceh-Sumut 2024, Simak Torehan Medalinya

Jabar (Jawa Barat) secara resmi keluar sebagai juara umum PON XXI Aceh-Sumut 2024, dengan perolehan medali emas terbanyak, disusul DKI Jakarta dan Jatim (Jawa Timur) di posisi dua dan tiga.

Juventus vs Napoli : Ajang Reuni Motta dengan Conte

Duel big match antara Juventus vs Napoli akan berlangsung di lanjutan Serie A. Pertandingan tersebut menjadi menarik karena tidak hanya soal gengsi, melainkan jadi ajang reuni juga bagi kedua pelatih yakni Thiago Motta dengan Antonio Conte.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 Resmi Ditutup, Acara Berlangsung pun Meriah

PON XXI Aceh-Sumut 2024 telah resmi ditutup, hal itu ditandai dengan upacara closing ceremony yang berlangsung di Kompleks Stadion Harapan Bangsa (SHB), Banda Aceh, Jumat (20/9) malam WIB.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru