Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Kemenhub Siapkan Jurus Jitu Antisipasi Kepadatan Lalin saat Mudik Lebaran

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Arus mudik Lebaran 2023 tinggal menunggu waktu, pemerintah pun telah menyiapkan sejumlah strategi dalam mengantisipasi adanya kepada lalu lintas, yakni pemberlakuan rekayasa lalu lintas seperti sistem satu arah (one way) hingga ganjil genap.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Hendro Sugiatno menyampaikan bahwa pihaknya bersama Korlantas Polri dan pihak terkait untuk memberlakukan rekayasa lalu lintas tersebut hingga periode arus balik.

Hal itu sebagaimana tertuang dalam Surat Keputusan Bersama Nomor: KP-DRJD 2616 Tahun 2023, SKB/48/IV/2023, 05/PKS/Db/2023 Tentang Pengaturan Lalu Lintas Jalan Serta Penyeberangan Selama Masa Arus Mudik dan Arus Balik Angkutan Lebaran Tahun 2023/1444 Hijriah.

“Telah ditetapkan pemberlakuan sistem satu arah, sistem contra flow, dan sistem ganjil genap berlaku secara serentak pada arus mudik dan juga pada 2 periode arus balik,” kata Hendro dalam keterangan tertulisnya yang dikutip Holopis.com, Kamis (6/4).

Sebagaimana diketahui, jumlah masyarakat yang akan melaksanakan mudik Lebaran tahun ini lebih banyak ketimbang Lebaran tahun sebelumnya.

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah pemudik di tahun ini meningkat signifikan sebesar 44,79 persen dibanding tahun 2022 yang hanya 85,5 juta orang.

Budi mengatakan, bahwa peningkatan signifikan tersebut terjadi setelah berakhirnya pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) karena situasi Pandemi Covid-19 yang melandai.

“Mudik lebaran 2023 akan mengalami peningkatan signifikan karena pemberlakukan PPKM telah berakhir, ekonomi juga mengalami kenaikan 5,3 persen. Kemudian tidak ada larangan mudik, dan adanya cuti bersama,” ujar Budi Karya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Kumpulan Doa Pilihan di 28 Ramadan 1445 H

Jika merujuk pada perhitungan Ramadan 1445 H versi pemerintah Indonesia, maka hari ini Senin 8 April 2024 adalah Ramadan ke 28. Artinya, malam nanti adalah malam ganjil terakhir dalam bulan suci Ramadan tahun ini.

Quraish Shihab Jelaskan Lailatul Qadr Akan Datangi Mereka yang Siap Saja

Quraish Shihab memberikan penjelasan bahwa malam lailatur qadr ternyata bukan untuk setiap orang, sekalipun ia adalah muslim yang sedang atau tidak dalam keadaan berpuasa Ramadan.

Cara Tentukan 1 Syawal 1445 Hijriyah Harus Lihat Hilal

Proses penentuan ini tidak semata bergantung pada kalkulasi matematis, tetapi juga mengikuti teori falakiyah (astronomi Islam) serta dasar-dasar yang terdapat dalam Al-Quran dan Hadis.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru