Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Dorong Percepatan Dana Bantuan yang Belum Terserap

Jokowi Dorong Percepatan Dana Bantuan yang Belum Terserap

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Pemerintah mengklaim masih memiliki banyak biaya bantuan yang dimiliki, khususnya dana yang ada di daerah.

Presiden Joko Widodo pun menyayangkan ketika banyak alokasi anggaran bantuan untuk masyarakat tersebut yang belum terserap secara maksimal.

Padahal, selama pelaksanaan PPKM Darurat banyak warga yang keluhkan perekonomian mereka terganggu akibat kebijakan tersebut.

“Saya melihat, ini saya melihat angka-angka, ini yang berkaitan dengan dana UMKM, dana bantuan sosial, Dana Desa. Data yang saya terima untuk anggaran UMKM ada Rp13,3 triliun. Ini kita lihat untuk seluruh daerah, artinya 514 kabupaten/kota dan provinsi, [dari] Rp13,3 triliun yang dipakai baru Rp2,3 triliun. Padahal kita sekarang ini butuh sekali, rakyat butuh sekali, rakyat menunggu,” ungkap Jokowi, dikutip dari Setkab.go.id, Selasa (20/7).

Tak hanya itu, beberapa alokasi dana lainnya seperti dana perlindungan sosial ternyata juga masih banyak yang belum terserap secara maksimal.

“Perlindungan sosial (perlinsos), ada anggaran di catatan saya Rp12,1 triliun, realisasi juga baru Rp2,3 triliun, belum ada 20 persen semuanya, padahal rakyat menunggu ini. Kemudian juga Dana Desa, ini Rp72 triliun total, yang dipakai untuk BLT Desa itu Rp28 triliun. BLT Desa totalnya 28 triliun tetapi yang realisasi, yang dipakai baru Rp5,6 triliun, juga kurang dari 25 persen, ” jelasnya kembali.

Berdasarkan data tersebut, Jokowi kemudian memerintahkan seluruh kepala daerah serta jajaran Menteri yang terkait untuk segera memaksimalkan serapan anggaran untuk bantuan masyarakat tersebut.

“Ini yang saya minta semuanya dipercepat. Sekali lagi, dengan kondisi seperti ini, percepatan anggaran sangat dinanti oleh masyarakat. Sehingga saya minta ini agar segera dikeluarkan, ” tegasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.

Dorong Transformasi Perpajakan, Sri Mulyani Teken MLI STTR

Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani Indrawati bersama dengan pimpinan dari 42 negara atau yurisdiksi lain telah resmi menandatangani Multilateral Instrument Subject to Tax Rule (MLI STTR).