Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024

Pandemi Masih Panjang, Jokowi : Perlu Pemimpin Yang Tidak Lemah Dan Tahanan Napas Panjang

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Kondisi pandemi yang masih jauh dari kata usai, membuat banyak negara sampai saat ini terbilang kewalahan.

Bahkan, presiden Joko Widodo mengatakan berdasarkan laporan WHO, diperkirakan akan muncul lagi varian baru, varian baru lagi dan ini akan menyebabkan pandemi bisa lebih panjang dari yang diperkirakan.

“Artinya, kita butuh ketahanan napas yang panjang. Kita membutuhkan kepemimpinan lapangan yang kuat untuk menghadapi pandemi sekarang ini. Kepemimpinan yang paham lapangan, yang bisa bergerak cepat dan responsif, ” kata Jokowi seperti dikutip dari Setkab.go.id, Selasa (20/7).

Jokowi kemudian mengungkapkan bahwa kepemimpinan lapangan ini harus kuat di semua level pemerintahan, dari level atas sampai level kecamatan, tingkat kelurahan dan desa.

Oleh karena itu, Jokowi meminta Gubernur, Bupati, Wali Kota yang didukung oleh seluruh jajaran Forkopimda, agar semuanya fokus kepada masalah tersebut baik sisi COVID-19-nya maupun sisi ekonomi.

“Manajemen serta pengorganisasian adalah kunci, dan saya minta semua mesin organisasi dijalankan dengan sebaik-baiknya, ” tegasnya.

Sebagai pemimpin, Jokowi berharap banyak agar para pimpinan daerah tersebut bisa memahami bagaimana melakukan tindakan di lapangan. Dimana tindakan lapangan untuk pencegahan dan pendisplinan masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk memakai masker, jaga jarak, dan tidak berkerumun sangat penting untuk dilakukan saat ini.

“Ini kunci. Dan masyarakat juga harus tahu cara mendeteksi dini tertular COVID-19, kemudian ke mana memperoleh obat, dan ke mana berkonsultasi, apakah ke dokter atau ke rumah sakit, ” bebernya.

Jokowi kemudian kembali menekankan, Gubernur, Bupati, dan Wali Kota yang didukung oleh jajaran Forkopimda betul-betul semuanya fokus dan bertanggung jawab terhadap hal tersebut.

“Pemerintah pusat akan memberikan dukungan. Namun, kepala daerah, camat, kepala desa, dan lurah, termasuk di dalamnya adalah tokoh-tokoh agama, tokoh-tokoh sosial, dan organisasi sosial dan keagamaan di tingkat lokal bawah harus tetap ikut berpartisipasi, ” tutupnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.

Lokasi SIM Keliling Hari Jumat 20 September di Jakarta

Jadwal dan lokasi SIM Keliling di Jakarta, pada hari Jumat 20 September 2024 beroperasi di lima wilayah mulai pukul 08.00 – 14.00 WIB.

KAI dan Korlantas Polri Gencar Sosialisasikan Keselamatan Kepada Masyarakat

HOLOPIS.COM, JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) bekerja...
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru