HOLOPIS.COM, JAKARTA – Asosiasi Sepak Bola Dunia, FIFA telah resmi membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Hal itu diputuskan FIFA setelah menggelar pertemuan dengan Ketua PSSI, Erick Thohir.

“FIFA telah memutuskan, karena keadaan saat ini, untuk mencabut Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023,” tulis pengumuman FIFA sebagaimana dikutip Holopis.com dari laman resminya, Rabu (29/3).

Dalam pengumuman tersebut, FIFA menyampaikan bahwa pihaknya akan menyampaikan tuan rumah pengganti Indonesia sesegera mungkin. Mereka juga memastikan jadwal pertandingan Piala Dunia U-20 tetap berjalan sesuai dengan rencana awal.

“Tuan rumah baru akan diumumkan sesegera mungkin, dengan tanggal turnamen saat ini tetap tidak berubah,” tulis FIFA.

Lebih lanjut, FIFA juga membuka peluang untuk menjatuhkan sanksi kepada Indonesia atas batalnya gelaran Piala Dunia di Indonesia lantaran polemik penolakan kedatangan Timnas Israel.

“Potensi sanksi terhadap PSSI juga dapat diputuskan pada tahap selanjutnya,” tukas FIFA.

Meski begitu, FIFA memastikan bahwa kerjasama dengan PSSI dan Pemerintah terkait pembenahan sistem sepak bola di Indonesia pasca Tragedi Kanjuruhan masih akan tetap berjalan.

“FIFA ingin menggarisbawahi bahwa terlepas dari keputusan tersebut, tetap berkomitmen untuk aktif membantu PSSI, bekerja sama erat dan dengan dukungan pemerintahan Presiden Joko Widodo, dalam proses transformasi sepak bola Indonesia pascatragedi yang terjadi pada Oktober 2022,” pungkas FIFA.