Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Ini 4 Langkah Simpan Daging Kurban Agar Awet dan Tahan Lama

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Identik dengan melimpahnya daging kurban, Hari Raya Idul Adha dirayakan umat muslim dengan berbagai macam olahan daging.

Namun banyak dari penerima daging kurban tidak bisa menghabiskan semua sisa daging hasil pembagian kurban dalam waktu satu hari.

Lalu bagaimana caranya agar tetap bisa menikmati daging kurban dalam jangka waktu yang lama?

Berikut tips menyimpan daging kurban agar tetap awet dan nikmat.

1. Jangan dicuci sebelum disimpan

Jika dicuci dengan air kran, kuman akan masuk dan tinggal di pori-pori daging. Hal tersebut bisa merusak daging, jadi cucilah ketika mau dimasak saja ya.

2. Potong-potong daging lalu simpan dalam tempat penyimpanan 1/2kg atau 1kg

Cara menyimpan daging dengan benar, potong-potong daging dalam ukuran lebih kecil lalu simpan di dalam plastik. Bisa menggunakan plastik biasa atau dengan kotak penyimpanan. Jika ingin dimasak, ambil sesuai kebutuhan yang sudah disiapkan dalam tempat penyimpanan, jadi daging di tempat lainnya tetap beku dan tahan sampai 1 tahun lho!

3. Simpan di kulkas sejuk, lanjutkan di freezer

Simpan daging di kulkas sejuk selama 4-5jam. Setelah dingin baru pindahkan ke freezer.

4. Rendam daging dalam suhu normal sebelum dimasak

Cara masak yang benar adalah dengan meletakkan daging beku yang akan dimasak di bawah air kran suhu normal dalam keadaan daging masih dibungkus plastik. Setelah empuk baru dibuka cuci daging sampai bersih lalu siap dimasak.

Yuk, diikuti tipsnya agar daging tetap dalam keadaan baik walau akan dikonsumsi dalam jangka waktu yang lama setelah daging diterima.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Perry Warjiyo Kembali Jabat Ketum ISEI

Perry Warjiyo kembali menjabat sebagai Ketua Umum (Ketum) Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI) untuk periode 2024-2027. Ia terpilih secara aklamasi dalam Kongres ISEI XXII 2024 yang berlangsung di Surakarta, Jawa Tengah.

Cerita Nur Fatia, Difabel Bergelar Sarjana yang Berhasil Masuk Polisi

Sekolah Polisi Wanita atau Sepolwan Lemdiklat Polri sangat bangga memiliki siswi bernama Nur Fatia Azzahra yang bergelar sarjana psikologi, dengan nilai IPK 3,56.

RESEP : Telur Ceplok Setengah Matang, Nikmat dan Menyehatkan

Meskipun terkesan sederhana, namun telur celpok setengah matang memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. S
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru