Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Duh, 33 Ribu Pejabat Masih Belum Lapor Harta Kekayaan

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Plt Juru Bicara Bidang Pencegahan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Ipi Maryati mengungkapkan, bahwa sebanyak 33 ribu pejabat negara belum melaporkan harta kekayaan.

Padahal, penyetoran Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) untuk periode tahun 2022, dibatasi hingga akhir Maret 2023, yang artinya tinggal dua hari lagi.

Meski begitu, jumlah pejabat yang telah menyampaikan LHKPN kepada lembaga antirasuah itu terbilang cukup banyak, yakni mencapai 91 persen.

“KPK mencatat data pelaporan LHKPN dari total 372.649 wajib lapor sejumlah 339.623 telah menyampaikannya atau sebesar 91%. Sehingga, masih ada sejumlah 33.026 wajib lapor (8%) yang belum memenuhi kewajibannya untuk melaporkan LHKPN,” kata Ipi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (29/3).

Ipi pun mengingatkan kepada seluruh penyelenggara negara wajib lapor untuk segera menyampaikan LHKPN-nya ke KPK.

“Hal ini mengingat batas akhir pelaporan LHKPN periodik tahun pelaporan 2022 tinggal 2 hari lagi,” ujar Ipi.

Dia menegaskan, bahwa pelaporan harta kekayaan merupakan kewajiban yang harus dipenuhi oleh para penyelenggara negara guna meminimalisir terjadinya tindak pidana korupsi.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Susi Bersyukur Philips Berhasil Bebas, Ucap Terima Kasih ke Jokowi-Prabowo dan TNI Polri

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Bos Susi Air, Susi Pudjiastuti menyampaikan...

Pilot Susi Air Bebas dari Jerat Teroris Papua

Satgas Cartenz akhirnya berhasil membebaskan pilot Susi Air, Philip Mark Mehrtens yang disandera oleh teroris Papua atau OPM kelompok Egianus Kogoya.

Bos Pajak Bantah Ada Kebocoran Data NPWP dari Sistem DJP

Direktur Jenderal Pajak (Dirjen Pajak) Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Suryo Utomo membantah adanya indikasi kebocoran dara langsung dari sistem di Direktorat Jenderal Pajak atau DJP, utamanya perihal dengan pelaksanaan hak dan pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru