Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizPakaian Bekas Impor Serbu RI, Bikin UMKM Keok?

Pakaian Bekas Impor Serbu RI, Bikin UMKM Keok?

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pakaian bekas impor atau pakaian thrifting tengah menjadi perbincangan publik. Pasalnya, pemerintah terus melakukan pemusnahan pakaian bekas itu di berbagai tempat.

Lantas bagaimana imbas pakaian bekas impor ke UMKM dalam negeri?

Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan mengatakan bahwa tindakan impor pakaian bekas ilegal bisa menjadi ancaman serius bagi produk-produk UMKM di sektor tekstil.

Pria yang akrab disapa Zulhas itu menuturkan, bahwa barang bekas impor telah menggerus setidaknya 31 persen pasar UMKM.

“Bayangkan. Jadi kalau selangkah lagi, itu UMKM itu bisa enggak karu-karuan, habis pasarnya,” kata Zulhas dalam konferensi pers yang dikutip Holopis.com, Rabu (29/3).

Sementara itu, Menteri Koperasi dan UKM (MenKopUKM), Teten Masduki mengungkapkan, bahwa pelaku UMKM tekstil memang semakin terpuruk dari adanya importasi barang bekas ilegal tersebut.

Untuk itu, Teten mengusulkan agar pakaian bekas impor jangan sampai masuk ke pasar Jawa, tetapi di wilayah-wilayah luar Jawa.

“Jadi berlabuhnya produk impor itu katakanlah di Sorong, Jayapura, sehingga nanti kan kita masih bisa kompetitif produk lokal itu,” kata Teten.

Menurut Teten, usulan tersebut tak hanya berdampak positif bagi pasar UMKM di Jawa, tetapi juga bagi pemerataan perekonomian di Indonesia.

“Dan juga akan bagus untuk tol laut yang selama ini muatannya hanya dari barat, dari timur kosong. Sehingga biaya logistik untuk produk-produk yang dikirim ke indonesia timur itu dibebankan ongkosnya ke pengiriman dari barat,” tambah dia.

Guna memberantas para importir nakal, menurut Teten, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) serta K/L terkait lainnya bisa menentukan satu pelabuhan untuk difokuskan sebagai tempat berlabuhnya barang-barang impor. Sehingga dengan begitu akan lebih mudah melakukan pengecekan barang.

“Jadi misalnya produk-produk impor udah dilabuh di pelabuhan sorong, sehingga gampang ngontrolnya, kalau ada dari pelabuhan-pelabuhan lain yang mau masuk itu udah pasti ilegal,” ungkap Teten.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Akhir Pekan, Segini Harga Emas Galeri 24, Antam hingga UBS di Pegadaian

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan, kecuali emas UBS yang mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Sabtu 21 September 2024.

Akhir Pekan, Harga Emas Antam Ngegas Jadi Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau mengalami kenaikan yang cukup tajam pada perdagangan hari ini, Sabtu 21 September 2024.

Jokowi Sebut Kesempatan Kerja Makin Sempit, Fedi Nuril : UU Cipta Kerja Gagal, Pak ?

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Fedi Nuril memberikan sindiran kepada Presiden...

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.