HOLOPIS.COM, JAKARTA – Batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 menjadi topik hangat dunia dalam waktu sepekan terakhir ini.

Bahkan, beberapa media asing menyoroti betul kemungkinan-kemungkinan yang terjadi jika Indonesia batal menggelar Piala Dunia U-20 2023.

Salah satunya Associated Press (AP), media asal Amerika Serikat tersebut membeberkan bahwa Indonesia terancam sanksi berat, yang salah satunya absen di Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Piala Dunia 2026 itu sendiri rencananya akan dihelat di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko.

“Jika Indonesia gagal menyelesaikan masalah tuan rumah mengenai Timnas Israel, federasi sepakbola nasional (red-PSSI) terancam sanksi dari FIFA,” tulis AP seperti dikutip Holopis.com, Selasa (28/3).

“Sanksi tersebut bisa mencoret nama Indonesia dari babak Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia pada Oktober nanti,” ujarnya.

Selain itu, Indonesia juga disebut terancam sanksi pencabutan tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

“Keputusan FIFA terkait batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 merupakan langkah awal dan dapat diikuti dengan keputusan lainnya yang akan berujung pada pencabutan hak Indonesia selaku tuan rumah,” ucap Middle East Monitor (Memo) yang fokus pada konflik Israel dan Palestina.

Diketahui, batalnya drawing Piala Dunia U-20 2023 di Denpasar, Bali pada 31 Maret nanti seiring dengan panasnya isu mengenai kehadiran Timnas Israel.

Beberapa kelompok marak menyuarakan penolakan kehadiran Timnas Israel di Piala Dunia U-20 2023, dengan alasan tidak adanya hubungan diplomasi Israel-Indonesia hingga penjajahan yang masih berlangsung terhadap Palestina.