HOLOPIS.COM, JAKARTA – Pol Espargaro pembalap GasGas Racing Team alami crash, saat menjalani sesi FP 2 (Free Practice) MotoGP Portugal 2023 pada Jumat (24/3). Akibat insiden tersebut, ia mengalami cedera patah tulang belakang punggung.

Kecelakaan yang menimpa pembalap asal Spanyol itu, terjadi 15 menit sebelum sesi FP 2 berakhir. Espargaro terlempar dari motornya saat masuk di turn 10, ia terseret dan terguling hingga gravel sampai akhirnya menabrak pembatas lintasan.

Pembalap GasGas Racing Team itu pun, harus keluar lintasan balap dengan ditandu menggunakan ambulans untuk selanjutnya mendapatkan perawatan tim medis.

Dikutip Holopis.com dari laman MotoGP, Minggu (26/3), masih dalam keadaan sadar saat dibawa ke rumah sakit.

Setelah dilakukan pemeriksan, Pol Espargaro didiagnosis memar paru, patah rahang, dan patah tulang belakang punggung.

Direktur Medis MotoGP, Dr Angel Charte berharap, cedera patah tulang belakang yang dialami Espargaro tidak parah.

“Dia menderita trauma tulang belakang yang parah dan memar pada paru-parunya yang harus kami pantau dengan ketat. Meskipun saya pikir dia akan pulih dengan baik, kami perlu melakukan tes yang sesuai untuk menentukan sejauh mana cederanya,” katanya.

“Dia sadar, waspada, dan merespons dengan baik. Dia sedikit terbius karena obat penghilang rasa sakit yang kami berikan. Dia bisa menggerakkan kaki, kaki, dan lengannya dengan sangat baik, jadi tidak ada alasan untuk takut akan cedera tulang belakang permanen,” lanjutnya.