Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Hari Tuberkulosis Sedunia 2023 : Begini Sejarah dan Temanya

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Hari Tuberkulosis Sedunia diperingati setiap tanggal 24 Maret setiap tahunnya, dalam rangka meningkatkan kesadaran publik terhadap penyakit tuberkulosis yang memiliki dampak besar terhadap kesehatan, sosial, hingga ekonomi.

Sebelum membahas mengenai sejarah peringatan, serta tema di tahun ini, ada baiknya Sobat Holopis mengetahui terlebih dahulu apa itu tuberkulosis.

Mengenal Tuberkulosis

Tuerkulosis atau TBC merupakan penyakit yang menyerang beberapa bagian tubuh seperti ginjal, tulang belakang, hingga otak, namun pada umumnya lebih umum menyerang paru-paru, yang disebabkan oleh bakteri bernama Mycobacterium tuberculosis.

Penyakit ini merupakan salah satu penyakit menular yang paling mematikan, dimana sekitar 4400 orang kehilangan nyawa karena tuberkulosis setiap harinya. Hal itu karena penularan tuberkulosis yang terbilang mudah.

Sebagaimana dikutip Holopis.com dari Alodokter, penularan tuberkulosis terjadi ketika seseorang tidak sengaja menghirup percikan ludah (droplet) saat seseorang yang terinfeksi TBC bersin atau batuk.

Organisasi kesehatan dunia atau World Health Organization (WHO) menyoroti fakta, bahwa untuk pertama kalinya setelah satu dekade, kasus infeksi dan kematian karena tuberkulosis meningkat akibat pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak tahun 2020 lalu.

Sejarah Hari Tuberkulosis Sedunia

Sejarah penetapan Hari Tuberkulosis Sedunia tak terlepas dari sejarah ditemukanya bakteri yang menjadi penyebab penyakit tuberkulosis, yakni Mycobacterium tuberculosis.

Bakteri tersebut diketahui ditemukan oleh seorang ahli kesehatan, Robert Koch pada 24 Maret 1882. Dimana kala itu, tuberkulosis tengah menyerang hampir di sebagian besar Eropa dan Amerika.

Sebagaimana diketahui, tuberkulosis merupakan penyakit yang mematikan apabila tidak dilakukan penanganan yang cepat dan tepat. Penemuan Koch itu pun menjadi langkah besar dalam membuktikan bahwa tuberkulosis dapat disembuhkan.

Temuan Koch itu membuktikan, penyakit ini dapat dicegah dan disembuhkan. Data WHO, upaya global yang dilakukan dalam mengatasi persoalan TBC telah menyelamatkan sekitar 54 juta jiwa sejak tahun 2000 serta mengurangi angka kematian TBC sebesar 42 persen.

Seabad setelah temuan Koch, International Union Against Tuberculosis dan Lung Disease (IUATLD) mengusulkan, 24 Maret diperingati sebagai Hari TBC Sedunia.

Berlanjut, WHO pada 1995 bersama KNCV Foundation menjadi tuan rumah pertemuan hari TBC sedunia pertama di Den Haag, Belanda.

Setahun kemudian, WHO, KNCV, IUATLD, dan organisasi terkait lainnya bergabung untuk menyelenggarakan berbagai kegiatan dalam peringatan hari TBC sedunia.

Tema Hari Tuberkulosis Sedunia Tahun 2023

Setiap tahunnya, Hari Tuberkulosis Sedunia memiliki tema yang berbeda-beda. Tema peringatan Hari Tuberkulosis Sedunia di tahun 2023 ini adalah ‘Yes! We Can End TB’.

Tema ini digaungkan dengan tujuan untuk memberikan harapan dan dorongan untuk para pemimpin-pemimpin dunia untuk bisa meningkatkan investasi guna melawan epidemi tuberkulosis.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Hari Perhubungan Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Setiap tanggal 17 September, Indonesia memperingati Hari Perhubungan Nasional atau yang biasa disebut Harhubnas. Peringatan ini merupakan momentum penting bagi kita untuk merefleksikan dan mengapresiasi peran vital sektor perhubungan dalam mendukung pembangunan nasional.

Hari Palang Merah Nasional 17 September, Begini Sejarahnya

Hari Palang Merah Nasional diperingati setiap tanggal 17 September, yang pertama kali diresmikan dan diketahui oleh Drs. Mohammad Hatta pada tahun 1945.

Hari Ozon Internasional, 16 September : Simak Tema dan Sejarahnya

Hari Ozon Internasional diperingati pada 16 September di setiap tahunnya, dimana hari besar tersebut diperingati bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dunia agar lebih mengenal mengenai ozon bumi itu sendiri.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru