HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketika berpuasa, umat muslim tidak makan dan minum mulai matahari terbit hingga terbenam. Karena tidak mengonsumsi air, biasanya bibir lebih cenderung kering karena tubuh menjadi dehidrasi selama puasa.

Maka dari itu, bagaimana caranya menjaga bibir agar tidak kering meskipun menjalankan ibadah puasa secara penuh selama kurang lebih satu bulan lamanya?

1. Minum Air Putih yang Cukup Saat Sahur dan Buka Puasa

Minumlah banyak air putih saat sahur dan buka puasa. Pastikan Sobat Holopis telah memenuhi 8 gelas per hari air, di saat sahur dan puasa. Hitungannya, minum 2 gelas air saat sahur, 4 gelas saat berbuka, dan 2 gelas sebelum tidur.

2. Gunakan Pelembab Bibir
Sobat Holopis juga bisa menggunakan pelembab bibir di siang hari ketika bibir mulai berasa kering. Gunakan pelembab yang mengandung petroleum jelly, agar bisa membuat bibir lembab sepanjang hari meskipun tidak mengonsumsi air.

3. Jangan Jilat Bibir

Menjilat bibir memang memberikan ilusi bibir menjadi lembab dan basah dari air liur kita sendiri. Namun air liur ternyata merupakan cairan yang kering dan mudah menguap. Air liur justru dapat mengurangi kelembapan bibir dan menarik cairan dari bibir, sehingga menyebabkan bibir lebih mudha pecah-pecah.

4. Eksfoliasi Bibir

Sobat Holopis juga bisa lakukan eksfoliasi bibir saat sebelum tidur agar mengurangi bibir kering selama puasa. Eksfoliasi dilakukan untuk mengatasi bibir kering karena cara kerjanya yang membersihkan kulit pecah-pecah sehingga kulit bibir baru bisa tumbuh.