HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Komisi 8 DPR RI, Ashabul Kahfi mengapresiasi Kementerian Agama Republik Indonesia (RI) dalam tradisi penyelenggaran sidang isbat, dan bersyukur karena 1 Ramadan diawali bersama oleh seluruh umat muslim Indonesia.

“Kami sangat menysukuri karena, untuk tahun ini kita akna mengawali secara bersama sama 1 Ramadan, ini bisa mengokohkan kebrasaamaan kita sebagai umat islam dalam beragama dan berbangsa,” kata Ketua Komisi 8 DPR RI, Ashabul Kahfi saat konferensi persi sidang isbat, kepada Holopis.com Rabu (22/3).

Ashabul pun tak mengabaikan usaha Kementrian Agama dalam mengakomodir berbagai macam perbedaan tradisi penentuan awal 1 Syawal di Indonesia.

Meskipun tidak mudah, namun Kementrian Agama dinilai berhasil dan diharapkan akan terus memberikan wadah serta menjadi alat pemersatu segala perbedaan tersebut agar tidak terjadi perpecahan.

“Tidak mudah tugas pemerintah dalam hal ini, Kemenag dalam mengakomodir berbagai macam perbedaan tradisi di dalam penentuan 1 Syawal dan Hari Raya, tetapi kita berharap agar Kementrian Agama meskipun tidak mudah mempersatukan,” lanjutnya.

Hasil sidang isbat menetapkan bahwa 1 Ramadan 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (23/3).

Masyarakat muslim Indonesia sudah mulai melaksanakan ibadah puasa, yang tahun ini akan menjadi berbeda karena sudah tak lagi dihantui pembatasan Covid-19.