HOLOPIS.COM, JAKARTA – Mesut Ozil resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepakbola pada Rabu (22/3). Legenda Arsenal yang juga sempat merumput bersama Real Madrid itu pun memiliki rekor ciamik dalam hal assist, yang sampai saat ini hanya kalah dari satu sosok bernama Lionel Messi.

Opta punya hasil statistik yang mengungkapkan bahwa, Mesut Ozil sukses mengemas 122 assist selama 10 musim ia berkarir di dunia sepakbola, mulai dari 2008/2009 sampai 2017/2018 yang ditorehkannya di lima liga top Eropa.

Prestasi tersebut hanya kalah dari torehan Lionel Messi yang telah mengemas sebanyak 133 assist. Beda tipis, Ozil masih sangat layak dijuluki salah satu raja assist sepakbola dunia.

Selain Lionel Messi dan Mesut Ozil, ada pun tiga pemain lainnya yakni Cesc Fabregas yang juga legenda Arsenal dengan mengoleksi 105 assist, Cristiano Ronaldo 93 assist dan Dimitri Payet yang juga 93 assist.

Sebagai informasi, dunia sepakbola terhentak seketika saat Ozil memutuskan pensiun, padahal umurnya masih terbilang produktif yakni 34 tahun.

Namun, cedera yang kerap mengganggunya itu membuat Ozil harus memutuskan untuk gantung sepatu sedini mungkin.

“Setelah melalui pertimbangan dengan sangat matang, saya mengumumkan bahwa saya mengundurkan diri saya dari sepakbola profesional,” ungkap Ozil.

“Saya mendapatkan hak istimewa saya untuk menjadi pemain sepakbola profesional selama hampir 17 tahun hingga sekarang, dan saya merasa sangat berterima kasih atas kesempatan tersebut. Tetapi dalam beberapa minggu dan bulan terakhir, setelah menderita beberapa cedera, semakin jelas bahwa sudah waktunya untuk meninggalkan panggung besar sepakbola,” sambungnya.