HOLOPIS.COM, JAKARTA – Wakil Presiden (Wapres) RI, KH Ma’ruf Amin mengajak umat Islam di seluruh penjuru dunia untuk menyambut datangnya bulan Ramadan 1444 Hijriah dengan hati gembira dan penuh syukur.

Wapres yang juga seorang ulama itu juga mengingatkan, bahwa ibadah puasa di bulan suci Ramadan merupakan ibadah wajib yang harus dijalankan seluruh umat muslim.

“Pada bulan suci Ramadan ini kita diwajibkan untuk menjalankan Ibadah puasa sebulan penuh yang merupakan perintah ilahi/perintah Allah yang harus dijalankan oleh seluruh umat Islam di manapun berada,” kata Wapres sebagaimana dikutip Holopis.com dari tayangan YouTube Wapresri, Rabu (22/3).

Ma’ruf berharap, pada bulan Ramadan ini dapat menjadi momentum bagi seluruh masyarakat untuk segala rahmat yang diberikan Allah SWT.

“Atas semua pertolongannya yang telah diberikan bangsa Indonesia sehingga kita mampu melewati tantangan berat yang kita hadapi selama ini,” kata dia.

Lebih lanjut, Wapres mengingatkan untuk melakukan persiapan maksimal dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadan, mulai dari persiapan fisik maupun persiapan mental.

“Sudah selayaknya kita jadikan sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas diri kita, bukan semata-mata menahan lapar dan dahaga,” ujarnya.

Ramadan, menurut Ma’ruf, juga dapat melatih kecerdasan dan kearifan dalam memilih yang baik, serta meninggalkan yang buruk.

“Umat yang cerdas dan bijak dalam bertindak akan menjadi umat yang memberikan solusi bagi persoalan masyarakat bangsa dan negara,” katanya.