Jumat, 20 September 2024
Jumat, 20 September 2024
NewsEkobizJokowi Nilai Penyekatan Wilayah Tidak Efektif

Jokowi Nilai Penyekatan Wilayah Tidak Efektif

JAKARTA, HOLOPIS. COM- Kegiatan penyekatan yang saat ini terus dilakukan aparat gabungan di dianggap tidak efektif untuk menekan indek mobilitas warga selama pelaksanaan PPKM Darurat.

Presiden Joko Widodo kemudian malah meminta agar kegiatan penyekatan tersebut dievaluasi dan jika bisa diganti dengan langkah lain yang lebih efektif.

“Tapi kalau saya lihat waktu ke Pulo Gadung tadi, saya lihat masih cukup ramai. Saat saya ke kampung juga ramai banget. Artinya, penyekatan ini mungkin perlu kita evaluasi. Apakah efektif juga menurunkan kasus? , ” kata Jokowi saat memimpin Rapat Terbatas secara virtual, Jumat (16/7).

Jokowi bahkan meminta agar strategi penekanan penyebaran COVID-19 langsung diintervensikan ke lingkup keluarga. Sehingga, langkah pemerintah tidak akan dianggap sia sia.

“Sekali lagi, tolong ada kajian yang lebih detail mengenai penyekatan ini. Karena menurut saya kuncinya itu sekarang memang justru, karena klasternya sudah masuk ke keluarga, kuncinya itu justru adalah urusan memakai masker, ” jelasnya.

Jokowi bahkan mengklaim, saat ini kedisplinan protokol kesehatan masih belum maksimal dilakukan oleh masyarakat. Padahal, dirinya sudah meminta BNPB untuk melakukan kampanye masker di masyarakat.

Langkah petugas di lapangan ketika menekan indeks mobilitas masyarakat turut mendapatkan perhatian Joko Widodo. Menurut mantan Gubernur DKI Jakarta tersebut, aparat dan juga pimpinan lainnya harus bisa berlaku lebih humanis kepada masyarakat dan tidak ada lagi kasus seperti yang terjadi di Sulawesi Selatan.

“Saya minta kepada Polri dan juga nanti Mendagri kepada daerah, agar jangan keras dan kasar. Tegas dan santun. Sambil sosialisasi, memberikan ajakan-ajakan sambil bagi beras, itu mungkin bisa sampai malahan pesannya. Saya kira peristiwa-peristiwa yang ada di Sulawesi Selatan misalnya, Satpol PP memukul pemilik warung apalagi ibu-ibu, ini untuk rakyat menjadi memanaskan suasana, ” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

IHSG Diproyeksi Menguat, Bakal Cetak Rekor Lagi?

CEO Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Surya Wijaya memproyeksi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada hari ini bakal menguat pada rentang 7.878—7.957.

Ferry Koto Puji Gielbran Masuk PKB, Sindir Anies Baswedan

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Influencer Ferry Koto memberikan reaksi positif...

Monkey Pox Ditularkan oleh Homo Seksual

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membenarkan...

Lokasi Samsat Keliling di Jadetabek Hari Jumat 20 September

Lokasi Samsat Keliling di wilayah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang dan Bekasi), disiapkan Polda Metro Jaya di 14 lokasi, pada Jumat 20 September 2024.