HOLOPIS.COM, JAKARTA – Untuk menentukan tanggal berapa umat muslim Indonesia akan melaksanakan ibadah puasa, sidang isbat akan dilaksanakan pada hari ini, Rabu (22/3).

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah, Adib, mengatakan, hari ini bertepatan denhan tanggal 29 bulan Syakban.

”Sidang Isbat dilaksanakan tanggal 22 Maret karena memang bertepatan dengan bulan Syakban tanggal 29. Rukyatul hilal dan sidang isbat itu digelar di tanggal 29 di bulan kamariah. Tanggal 29 itulah dimungkinkan bisa dilakukan rukyatul hilal, apakah awal bulan kamariah berikutnya jatuh di hari esoknya, atau disempurnakan menjadi 30 hari pada lusa,” ujar Adib, dikutip Holopis.com (21/3).

Adib menjelaskan, tanggal ini ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk, berkisar antara 6° 46,2’ (6 derajat 46,2 menit) hingga 8° 43,2’ (8 derajat 43,2 menit) dengan sudut elongasi antara 7,93° (tujuh koma sembilan puluh tiga derajat) sampai dengan 9,54° (sembilan koma lima puluh empat derajat).

Adib berharap agar pelaksanaan sidang isbat akan berkalan dengan lancar, serta kepusuan dari sidang tersebut dapat menjadi pedoman masyarakat Indonesia.

”Semoga pelaksanaan sidang isbat ini berjalan lancar dan menghasilkan keputusan yang bisa dipedomani oleh masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Pelaksanaan Rukyatul Hisab ini akan dilakukan pada 124 titik di 34 provinsi di Indonesia.

Rukyatul Hisab akan dilaksanakan oleh Kanwil Kementerian Agama kabupaten/kota, bekerja sama dengan Peradilan Agama, Ormas Islam, serta instansi setempat.