HOLOPIS.COM, JAKARTA – Selama sebulan penuh, umat muslim di seluruh dunia menjalankan puasa, yang dimulai dari terbit fajar, hingga terbenamnya matahari.

Tak hanya merupakan ibadah wajib umat Islam, puasa juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Mulai dari menurunkan berat badan, meningkatkan fungsi otak, hingga meningkatkan kesehatan jantung.

1. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Sebuah riset menemukan bahwa seseorang yang rutin berpuasa selama 1 bulan, memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung.

Ini karena selama berpuasa, biasanya kebiasaan makan seseorang bisa berubah dan mengurangi tinggi lemak.

2. Mengurangi Risiko Diabetes

Manfaat berpuasa lainnya adalah bisa menurunkan risiko diabetes. Ini karena puasa bisa merangsang metabolism tubuh serta meningkatkan kinerja insulin, yang merupakan hormon pengatur kadar gula darah.

3. Menurunkan Berat Badan

Bukan rahasia lagi bahwa puasa bisa membantu menurunkan berat badan. Berdasarkan penelitian, puasa bisa meningkatkan metabolisme tubuh, dan membantu pembakaran kalori serta lemak lebih total.

4. Mengurangi Risiko Kanker

Puasa bisa meningkatkan metabolisme tubuh. Metabolisme yang baik bisa membuat sel kanker sulut untuk tumbuh pada orang yang puasa.

Namun tak hanya berpuasa, mencegah kanker juga harus dilengkapi dengan gaya hidup sehat, dan makan-makanan dengan gizi seimbang.

5. Menjaga Kesehatan Mental

Mungkin banyak yang belum menyadari bahwa berpuasa juga memiliki manfaat untuk kesehatan mental.

Puasa bisa merangsang hormon endorphin yang bisa meredakan rasa cemas. Menjalani ibadah puasa juga bisa membuat hati Sobat Holopis lebih tenang karena menjalankan kewajiban dari Allah SWT. Hati tenang, otomatis akan membuat kesehatan mental semakin baik.

Tuh Sobat Holopis manfaat kesehatan dari puasa. Tak hanya raga, jiwa Sobat Holopis pun bisa lebih tenang, dan menjalani hari-hari lebih bahagia.