HOLOPIS.COM, JAKARTA – Polda Metro mengklaim jumlah kendaraan yang masuk ke kota Jakarta saat ini sudah terlalu banyak sehingga semakin menambah kemacetan di Ibukota.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Latif Usman mengatakan, dengan adanya jalan tol justru semakin menambah mobilisasi warga dari luar DKI masuk di jam-jam sibuk.

“Tol itu mengurangi banyak, kalau enggak ada tol setengah mati kita. Justru orang dari wilayah semakin cepat semakin cepat datang Jakarta,” kata Latif dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Selasa (21/3).

Namun, kondisi tersebut kemudian tidak selamanya bisa mengimbangi jumlah kendaraan pribadi yang masuk dan membuat kepadatan pun tidak terhindarkan.

“Infrastruktur di sini digarap bukan itu, tapi masuk ke Jakarta ini gunakanlah angkutan umum. Jangan semua pakai mobil pribadi,” tegasnya.

“Saya katakan Jakarta ini kalau pagi hari seperti menerima air bah,” sambungnya.

Dengan gempuran masyarakat yang lebih memilih kendaraan pribadi dibandingkan angkutan umum, diklaim Latif membuat kepolisian agak kesulitan untuk melakukan pengaturan lalu lintas.

“Air bah ini kalau satu per satu masuknya saya aturnya gampang. Karena ini banyak harus sabar,” klaimnya.