Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024
NewsEkobizMendag Bongkar Jalur Masuk Pakaian Impor Bekas ke Indonesia

Mendag Bongkar Jalur Masuk Pakaian Impor Bekas ke Indonesia

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag), Zulkifli Hasan alias Zulhas membongkar skema masuknya pakaian impor bekas ilegal selama ini.

Dia menuturkan, pakaian-pakaian impor bekas yang berasal dari Singapura hingga Malaysia itu masuk melalui jalur-jalur tikus di Sumatera hingga Kalimantan.

“Kalau dari Sumatra itu banyak, dari Belawan, Batam. Kalau dari Kalimantan itu banyak juga dari perbatasan. Mungkin masuknya lewat truk-truk,” tutur Zulhas dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Senin (20/3).

Zulhas menegaskan, bahwa pihaknya di Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus mengawasi masuknya barang impor ilegal, dengan melibatkan banyak pihak.

“Semua tanggung jawabnya, ada laut, ada polisi, bea cukai ada pemerintah daerah,” tukasnya.

Sebagaimana diketahui, pemerintah telah resmi melarang perdagangan impor pakaian bekas. Larangan itu sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 18 Tahun 2021, tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) beranggapan, bahwa usaha pakaian bekas impor atau yang kerap disebut usaha thrifting dapat mematikan industri tekstil dalam negeri.

“Sudah saya perintahkan untuk mencari betul. Sehari, dua hari sudah banyak yang ketemu. Itu mengganggu industri tekstil di dalam negeri. Sangat mengganggu,” ujar Jokowi, Rabu (15/3).

“Yang namanya impor pakaian bekas. Mengganggu. Sangat mengganggu industri dalam negeri kita,” katanya lagi menegaskan.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Bahlil Kasih Sinyal Pemerintah Batal Batasi Pembelian BBM Subsidi Mulai 1 Oktober 2024

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Bahlil Lahadalia memberikan sinyal kuat, bahwa aturan pembatasan pembelian bahan bakar minyak (BBM) subsidi batal diberlakukan mulai 1 Oktober 2024.

Teknologi Makin Canggih, Jokowi Ingatkan 85 Pekerjaan Bakal Hilang Tahun Depan

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan sebanyak 85 juta pekerjaan akan hilang pada tahun 2025, seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih.

Jelang Akhir Pekan, IHSG Berakhir Lesu

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berakhir melemah pada penutupan perdagangan menjelang akhir pekan ini, Jumat (20/9).

PT MRT Jakarta Raih Penghargaan Industry Award di Dubai

PT MRT Jakarta (Perseroda) meraih penghargaan pemenang “Industry Award” 2024 untuk region Eropa, Timur Tengah, Afrika/Asia Pasifik/Amerika.