Kamis, 19 September 2024
Kamis, 19 September 2024

Skadron Udara 15 Tempat Gembleng Siswa Penerbang Tingkat Lanjut

JAKARTA, HOLOPIS.COM – Skadron Udara 15 menjadi satuan tugas lainnya yang berada di bawah jajaran Wing 3 Lanud Iswahjudi. Kini, Skadron Udara 15 dipimpin oleh seorang Komandan Skadron Letkol Pnb Dharma Tolopan Gultom, S.T., M.M.O.A.S.S. Pria lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) Tahun 2002 ini telah menjabat sebagai Danskadron sejak 25 Juli 2019.

Saat ini, Skadron Udara 15 tercatat mengelola dan mengoperasikan pesawat T-50i Golden Eagle.Tidak berbeda dengan dua Skadron Udara lainnya yang beroperasi di Lanud Iswahjudi, Skadron Udara 15 juga mengemban tugas pertahanan udara.

“Dalam Peraturan KSAU 2009, Skadron Udara 15 berfungsi melaksanakan operasi udara strategis, operasi lawan udara ofensif, kemudian operasi pertahanan udara,” jelas Letkol Pnb Gultom.

Menilik sejarah Skadron Udara 15, ‘House of Hawk’ ini julukan bagi Skadron Udara 15-memiliki kekhasan tersendiri jika dibandingkan dengan Skadud lainnya. Skadud ini menjadi tempat penggemblengan bagi para siswa penerbang tingkat lanjut hingga nantinya mereka akan dikirim ke Skadron tempur operasional lainnya.

“Kita juga melaksanakan fungsi sebagai pesawat latih lanjut dimana kita akan berperan untuk menyelenggarakan pendidikan kursus pengenalan terbang pesawat tempur. Kita akan memberikan pembekalan dan pendidikan awal bagi para penerbang yang baru lulus dari sekolah penerbang di Yogyakarta untuk nantinya dapat mengawaki pesawat tempur,” ungkap Danskadron 15.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

Bali International Air Show 2024 Sukses Pamerkan Kemajuan Penerbangan dan Kedirgantaraan RI

HOLOPIS.COM, JAKARTA - Pameran Kedirgantaraan Bali International Airshow (BIAS)...

Prabowo Subianto Ingatkan Komitmen Komcad Bela Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto memberikan pesan penting kepada 1.145 personel yang baru ditetapkan sebagai Komcad Matra Darat TA. 2024.

Jenderal Maruli Komitmen Tingkatkan Perlindungan Terhadap Wanita dan Anak

KSAD (Kepala Staf Angkatan Darat) Jenderal Maruli Simanjuntak menyambut positif arahan Presiden Jokowi terkait TNI Polri terdepan dalam memberikan perlindungan terhadap perempuan dan anak.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru