HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tumbuhnya kutil pada area tubuh manapun, akan sangat mengganggu dan membuat kita tidak nyaman, serta tidak percaya diri. Kutil adalah pertumbuhan kulit abnormal, yang disebabkan oleh Human Papilloma Virus (HPV). 

Adapun jenis kutil filiformis berbentuk memanjang seperti benang dan kutil datar adalah jenis yang paling sering ditemui di bagian wajah. Penyakit kulit ini sangat menular dan dapat menyebar dengan mudah melalui sentuhan langsung, maupun saling pinjam alat yang digunakan langsung dengan penderita kutil seperti make-up bergantian.

Berikut cara mengatasi kutil secara alami maupun dengan bantuan medis, yang telah Holopis.com rangkum dalam akun Youtube Go Dok Indonesia, pada Jumat (16/3).

Cara Alami Atasi Kutil

1. Cuka Sari Apel

Cara alami menghilangkan kutil yang mengganggu, yang pertama menggunakan cuka sari apel. Pasalnya dalam cuka sari apel terdapat kandungan asam yang bersifat antivirus, dengan ini kutil pun akan terkelupas. Tak hanya itu, penggunaan cuka sari apel ini juga aman untuk digunakan di wajah, yang bersifat menghaluskan kulit wajah karena mengandung asam malat dan asam laktat.

Sebelum digunakan, cairkan dahulu cuka sari apel dengan perbandingan air dan cuka 1:1. Setelah itu, celupkan kapas lalu tempelkan pada kutil anda, tutup dengan perban dan diamkan selama 24 jam. Lakukan secara rutin agar kutil yang tumbuh mengganggu tersebut, segera hilang.

2. Perasan Lemon

Tak hanya sering dijadikan sajian minuman segar, perasan lemon dapat dimanfaatkan lebih dari itu. Perasan lemon dapat membantu menyembuhkan kutil yang mengganggu, dengan kandungan asam sitrat dan vitamin C. 

Asam sitrat inilah yang membantu melunakkan kutil agar kutil cepat hilang, adapun kandungannya dapat membunuh virus penyebab kutil. Penggunaannya mudah, anda cukup mengoleskan perasan lemon pada kutil minimal tiga kali sehari sampai kutil benar-benar lenyap.