HOLOPIS.COM, JAKARTA – Tepat 9 tahun dari peristiwa hilangnya pesawat MH370, Netflix meluncurkan serial dokumenter berjudul MH370: The Plane That Disappeared pada Rabu (8/3). Netflix membagi cerita menjadi tiga episode.

Tiga episode tersebut didasarkan pada tiga teori yang beredar dan banyak dibahas oleh ilmuwan serta masyarakat sipil mengenai kemungkinan di balik hilangnya pesawat MH370.

Pernyataan yang simpang siur dari berbagai pihak membuat keluarga korban dan masyarakat pastinya kebingungan dengan kenyataan yang telah terjadi.

Para peneliti pun membagi tiga teori hilangnya pesawat MH370 yang diungkap melalui serial dokumenter ini.

1. Pilot Pesawat MH370

Jeff Wise, seorang jurnalis sains yang juga spesialis di industri penerbangan, petualangan, dan psikologi mencetuskan teori satu ini.

Ia menulis dalam artikel penelitiannya yang didasarkan oleh hasil diskusinya bersama beberapa ahli di bidang penerbangan.

Wise menuding pilot dan kopilot yang bertugas di dalam MH370 sebagai dalang dari hilangnya pesawat tersebut.

Pengalaman Zaharie Ahmad Shah, pilot yang kala itu bertugas dalam penerbangan sudah sangat mahir sehingga ia dituding sebagai satu-satunya orang dalam pesawat yang mampu “membawa kabur” MH370 beserta isinya.

2. Pembajak di Dalam Pesawat MH370

Tuduhan masyarakat terhadap motif pembajakan yang dilakukan oleh pilot Zaharie Ahmad Shah tampak tak masuk akal menurut jurnalis Prancis, Florence Da Changy.

Setelah mempelajari pribadi Zaharie dibantu oleh keluarga dan kerabatnya, ia tak melihat motivasi Zaharie melakukan pembajakan terhadap pesawat yang ia kemudikan.

Teori kedua pun muncul setelah pesawat Malaysia Airlines, MH17 ditembak jatuh oleh Rusia ketika terbang melewati Ukraina empat setengah bulan setelah hilangnya MH370. Menurut para Jeff Wise, peristiwa ini aneh untuk disebut sebagai kebetulan.

Teori konspirasi bahwa pesawat ini dibajak oleh teroris hingga diculik dan disekap oleh militer Amerika pun menghebohkan masyarakat. Pembajakan oleh warga negara Rusia juga menjadi tuduhan Wise terkait hilangnya pesawat ini.

3. Pencegatan MH370 oleh Militer Amerika Serikat

Puing MH370 yang ditemukan malah menimbulkan semakin banyak pertanyaan di masyarakat tentang kemana perginya pesawat ini. Teori satu ini menyebutkan pesawat MH370 yang hilang ditangkap oleh militer Amerika.

Militer Amerika yang saat itu sedang berlatih di selatan Laut Cina disebut-sebut menembak jatuh pesawat MH370. Florence De Changy menyebutkan MH370 membawa 2,5 ton perangkat elektronik dalam pesawat. Angkutan ini disebut sebagai motif militer US menembak jatuh pesawat MH370.

Teori-teori yang disajikan melalui serial dokumenter ini memang bukan sepenuhnya kenyataan yang terjadi terkait misteri hilangnya pesawat Malaysia Airlines nomor penerbangan MH370 melainkan hanya sekedar teori konspirasi.