HOLOPIS.COM, JAKARTA – Misteri hilangnya pesawat MH370 yang membawa 239 penumpang dan awak kabin masih belum terungkap hingga saat ini.

Pesawat Boeing 777 yang seharusnya mendarat di Beijing pada pukul 06.30 waktu setempat itu secara tiba-tiba putus kontak dengan otoritas penerbangan Malaysia.

Setelah 9 tahun peristiwa itu, Netflix meluncurkan serial dokumenter berjudul MH370: The Plane That Disappeared pada Rabu (8/3).

Dalam dokumenter ini, Netflix mengundang beberapa keluarga korban serta ilmuwan-ilmuwan untuk mengungkap misteri hilangnya MH370.

Sinopsis

8 Maret 2014, adalah hari yang sangat memilukan bagi masyarakat dunia. Pesawat MH370 yang mengangkut 239 penumpang beserta awak kabin dari berbagai negara, termasuk Indonesia.

Pesawat Malaysia Airlines dengan nomor penerbangan MH370 lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pukul 12:41 dini hari waktu setempat. Sebelumnya, tak ada yang aneh dari pesawat tujuan Beijing tersebut.

Saat akan meninggalkan wilayah udara Malaysia, Zaharie Ahmad Shah yang menjadi kapten penerbangan MH370 berkomunikasi dengan petugas pengendali lalu lintas udara Malaysia sebelum diserahkan kepada petugas Vietnam. Tak lama setelah komunikasi tersebut, secara misterius pesawat MH370 hilang dari radar.

Hilangnya pesawat tersebut dari radar menggemparkan dunia, khususnya Pusat Operasi Darurat Malaysia Airlines. Setelah mengetahui berita tersebut, Fuad Sharuji, mantan Crisis Director Malaysia Airlines bergegas menuju ke Pusat Operasi Darurat.

Berbagai upaya dilakukan untuk menghubungi dan berkomunikasi dengan MH370. Bahkan, Malaysia Airlines juga menggandeng Thailand, Hongkong, dan Vietnam untuk menghubungi pesawat MH370. Sayang, upaya yang mereka lakukan tidak berhasil.

Sembilan tahun berlalu, masih belum ada jawaban jelas terkait misteri hilangnya pesawat ini. Segala upaya pencarian telah dilakukan. Malaysia tidak sendiri, tetapi dibantu juga oleh beberapa negara seperti Inggris, Indonesia, Vietnam, dan negara lain.

Para keluarga korban menuntut agar Malaysia Airlines dapat bekerja cepat untuk menemukan korban baik dalam keadaan apapun.

Kekecewaan keluarga korban tak dapat dibendung melihat laporan Malaysia Airlines yang berubah-ubah mengenai hilangnya pesawat MH370.

Melalui serial dokumenter ini, para keluarga korban “mengadu” serta membagikan kisah mereka untuk berjuang menghadapi kehidupan dalam ketidakpastian kondisi keluarganya yang menjadi korban hilangnya pesawat MH370.

Para ilmuwan yang meneliti misteri hilangnya MH370 juga turut digandeng oleh Netflix dalam serial dokumenter ini.

Penemuan-penemuan dan teori konspirasi yang beredar selama 9 tahun ke belakang juga diungkap dan dibahas melalui serial dokumenter MH370: The Plane That Disappeared.