Sabtu, 21 September 2024
Sabtu, 21 September 2024

Dukung Ungkap Rp300 T, Rocky Gerung Bentuk Komunitas Kawan Mahfud

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Aktivis sekaligus dosen di Universitas Indonesia (UI), Rocky Gerung membentuk komunitas yang memberikan dukungan moril kepada Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Prof Mohammad Mahfud MD untuk terus mengawal kasus dugaan transaksi mencurigakan senilai Rp300 Triliun itu.

“Kita bikin satu kelompok namanya Mahfud Amikus, kawan-kawan mahfud. Supaya ada backup moral pada pak Mahfud,” kata Rocky Gerung dalam video yang dikutip Holopis.com, Jumat (17/3).

Ia yakin bahwa aliran dana mencurigakan yang bergulir di lingkungan Kementerian Keuangan (Kemenku) tersebut sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Mahfud MD. Sehingga ia merasa bahwa langkah Mahfud untuk membongkar kasus ini sebagai bagian dari perbaikan instrumen pemerintah harus didukung dan dikawal oleh masyarakat.

“Karena meskipun dia yang mulai, kalau dia nggak tuntaskan ini, orang merasa bahwa pak Mahfud ini sekadar melempar isu untuk kepentingan dia sendiri. Atau mungkin ada tekanan yang lebih kuat dari dia,” ujarnya.

Rocky memandang bahwa apa yang dilakukan oleh Mahfud MD suka tidak suka tetap akan masuk ke dalam ranah politik praktis. Sehingga agar persoalan ini tidak terlalu bias dan menjadi tunggangan kelompok politik tertentu, maka perlu ada tim investigasi yang bertugas menuntaskan kasus ini secara independen, profesional dan transparan.

“Kita mesti pastikan bahwa apa pun isu ini sudah masuk ke wilayah yang sangat politis. Dan itu artinya, penelitian atau investigasi atau dalam bentuk Pansus itu apa namanya, itu untuk mencegah asumsi publik bahwa di belakang ini ada uang-uang yang masuk ke dalam permainan politik,” tuturnya.

Lebih lanjut, Rocky Gerung juga menilai bahwa kasus Rafael Alun Trisambodo yang memiliki simpanan uang sangat besar dengan jabatannya sebagai eselon III di Direktorat Jenderal Pajak adalah perkara lama, yang ternyata seperti sedang ditutup-tutupi oleh pihak tentu agar tidak terangkat ke publik.

Sehingga Rocky berasumsi bahwa sistem gelap di balik sepak terjang Rafael ini akan terus diupayakan untuk dijaga oleh pihak-pihak tertentu, termasuk mengupayakan agar Mahfud MD sebagai tokoh sentral di dalam perhelatan perkara Rp300 Triliun itu akan dibungkam.

Oleh sebab itu, komunitas Kawan Mahfud yang digagas oleh Rocky Gerung ini adalah bertujuan untuk memberikan dukungan moril kepada Mahfud MD agar tetap berada di ranah integritasnya.

“Kelihatannya Mahfud mau dicegah untuk membuka semua ini lebih jauh,” tegasnya.

Rocky menyatakan dukungan ini diberikan karena ia masih percaya dengan integritas Mahfud MD.

“Pak Mahfud ini orang yg secara akademis kita percaya integritasnya,” pungkasnya.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Rekomendasi

berita Lainnya
Related

APBMI Pastikan Bisnis Batu Bara Tan Paulin Tak Ada Campur Tangan Rita Widyasari

Pengusaha batubara Tan Paulin disebut menjalankan bisnis batu bara secara profesional.

BNN Bongkar Jaringan Narkoba Malaysia

Dalam operasi yang dilakukan sepanjang bulan Agustus, BNN berhasil membongkar jaringan peredaran narkotika asal Malaysia yang menyusupkan barang haram tersebut melalui Aceh untuk kemudian diedarkan ke Sumatra Utara dan Sumatra Selatan.

Komisi I Anggap Pemerintah Kurang Serius Jaga Keamanan Data

Anggota Komisi I DPR RI, Sukamta memberikan respons menohok kepada pemerintah atas adanya kasus kebocoran data kembali yang melanda Indonesia. Kali ini kasus itu dialami oleh Ditjen Pajak Kementerian Keuangan.
Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

Berita Terbaru