HOLOPIS.COM, JAKARTA – Erick Thohir selaku Ketum PSSI, menegaskan bahwa Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) steril dari event apapun saat ini, karena akan dipersiapkan sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023. Termasuk juga pertandingan Persija vs Persib di laga tunda Liga 1.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Erick Thohir saat meninjau kesiapan SUGBK sebagai salah satu venue Piala Dunia U-20 2023 pada Senin (13/3).

Sebelumnya diketahui bahwa laga Persija vs Persib di SUGBK telah diajukan Ferry Paulus selaku Dirut PT LIB, dan dijadwalkan bakal dihelat pada 31 Maret mendatang.

Namun rencana tersebut nampaknya harus batal, sebab Erick Thohir menilai bahwa kondisi rumput SUGBK saat ini mengkhawatirkan, sementara Piala Dunia akan bergulir pada 20 Mei sampai 11 Juni 2023.

Dengan waktu singkat menjelang Piala Dunia U-20 2023 tersebut, maka Erick Thohir juga memastikan bahwa tidak ada event apapun baik olahraga maupun entertainment.

“Tidak ada lagi event di sini, apakah event olahraga, event kesenian, tidak ada lagi karena ini sudah menjadi titik kritikal dan rumputnya memprihatinkan. Kita tidak mau dipermalukan dalam penyelenggaraan event dunia. Saya rasa dengan pimpinan kepala daerah, Direksi SUGBK, kita pastikan solid. Apapun, kita harus pertahankan kondisi rumput terbaik untuk kejuaraan dunia yang sudah kita persiapkan selama ini,” kata Erick, sebagaimana rilis yang diterima Holopis.com, Senin (13/3).

Setelah FIFA melakukan verifikasi akhir pada 21-27 Maret, SUGBK sempat rencananya akan dipakai duel Liga 1 yang mempertemukan Persija Jakarta versus Persib Bandung pada 31 Maret. Tapi Erick minta dibatalkan.

“Semua event kita batalkan, dan kita tidak membeda-bedakan, apakah event entertainment, olahraga, dan lainnnya. Semua tidak dimungkinkan lagi digelar Gelora Bung Karno. Ini bukan masalah pilihan salah dan benar, tapi ini kebijakan yang harus kita ambil kalau kita tidak mau gagal, apalagi di stadion ini akan digelar pembukaan,” ucap Erick.

Sebagai informasi, pertandingan Persija melawan Persib yang sejatinya dijadwalkan main pada 4 Maret lalu di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, harus ditunda karena Tim Macan Kemayoran tak mendapatkan izin dari pihak kepolisian

Rencana untuk menggunakan SUGBK pun sudah ada, namun tak bisa dilakukan karena ada konser BLACKPINK 11-12 Maret kemarin.