Minggu, 22 September 2024
Minggu, 22 September 2024
NewsEkobizAwas! Ada Kenaikan Harga Pangan Jelang Puasa dan Lebaran 2023

Awas! Ada Kenaikan Harga Pangan Jelang Puasa dan Lebaran 2023

HOLOPIS.COM, JAKARTA – Kenaikan harga pangan menjelang Puasa dan Lebaran nampaknya sudah menjadi hal yang rutin terjadi setiap tahunnya. Hal itu pun diingatkan oleh Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi).

Ketua DPP Ikappi, Abdullah Mansuri lantas menjelaskan terkait fase-fase kenaikan harga pangan tersebut. Adapun untuk fase pertama, biasanya terjadi pada tiga hari sampai dengan satu minggu menjelang bulan Puasa.

Mansuri menyebut, bahwa hal tersebut terjadi karena permintaan masyarakat akan kebutuhan pangan yang cukup tinggi.

“Kita memiliki masyarakat yang turun temurun berbudaya dalam menyambut awal ramadhan menyajikan makanan-makanan istimewa,” kata Mansuri dalam keterangan persnya yang dikutip Holopis.com, Minggu (12/3).

Ikappi pun meminta pemerintah untuk menjaga pasokan kebutuhan pokok di pasaran. Pemerintah juga diingatkan untuk melakukan evaluasi terkait alur distribusi. Pasalnya, distribusi merupakan salah satu faktor penghambat dalam pemenuhan stok di pasar.

Adapun untuk fase kedua kenaikan harga pangan diprediksi akan terjadi pada tujuh hingga tiga hari menjelang Lebaran. “Fase kedua ini banyak terjadi kendala di distribusi karena beberapa komoditas harus terganggu dengan adanya arus mudik lebaran,” jelas Mansuri.

Mansuri juga menuturkan, bahwa di masa transisi dari fase pertama ke fase kedua, akan terjadi penurunan permintaan.

Berikutnya yakni pada fase ketiga yakni saat Lebaran hingga dua sampai tiga hari setelah lebaran. Pasalnya di fase tersebut, banyak komoditas yang tidak dapat ditemui di pasar tradisional karena banyaknya pedagang yang masih mudik dan tidak memiliki stok.

Ia menegaskan fase ketiga merupakan fase rawan akan kelangkaan stok. Ia berharap pemerintah turut mengantisipasi fase ini.

“Catatan penting Ikappi lainnya adalah kenaikan beberapa komoditas pangan menjelang Ramadan ini membuat kita lebih kerja keras dalam melakukan distribusi pangan menjelang Ramadan karena kenaikan permintaannya akan lebih dari 50 persen mulai fase pertama,” tutur Abdullah.

Oleh karena itu, Abdullah meminta pemerintah untuk lebih aktif dan serius dalam menyelesaikan berbabagai persoalan harga pangan yang terjadi saat ini, sebelum berhadapan dengan bulan Puasa dan Lebaran 2023.

Temukan kami juga di Google News lalu klik ikon bintang untuk mengikuti. Atau kamu bisa follow WhatsaApp Holopis.com Channel untuk dapatkan update 10 berita pilihan dari redaksi kami.

Baca Juga

Prabowo Gibran 2024 - 2029
Ruang Mula

BERITA TERBARU

Lainnya
Related

Harga Emas di Pegadaian Hari Minggu Terkerek Naik

Harga emas batangan bersertifikat yang dijual di PT Pegadaian (Persero) terpantau mengalami kenaikan tipis pada perdagangan akhir pekan ini, Minggu 22 September 2024.

Jangan Lupa! Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Resmi Naik Hari Ini

Kenaikan tarif tol pada ruas Jalan Tol Dalam Kota Jakarta telah resmi diberlakukan mulai hari ini, Minggu 22 September 2024, sejak pukul 00.00 WIB dini hari tadi. 

Hari Minggu, Harga Emas Antam Mandek di Level Rp 1.455.000

Harga emas batangan bersertifikat keluaran PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) alias emas Antam terpantau tidak mengalami perubahan alias stagnan pada perdagangan hari ini, Minggu 22 September 2024.

Menhub Klaim Punya Jurus Jitu Turunkan Harga Tiket Pesawat

Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi mengungkapkan sejumlah cara untuk menurunkan harga tiket pesawat yang semakin mahal. Setidaknya, kata dia, terdapat empat cara yang dipaparkan olehnya.