HOLOPIS.COM, JAKARTA – Presiden Jokowi didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menyaksikan secara langsung proses penyerahan pesawat C-130J-30 Super Hercules A-1339 dan A-1315, dari Kememterian Pertahanan kepada TNI Angkatan Udara.

Pesawat yang dipesan sebanyak lima unit ini mendapatkan apresiasi begitu besar dari Jokowi karena fungsinya yang terbilang sangat berguna bagi pertahanan Indonesia.

“Ini adalah pesawat yang sangat canggih. Tadi saya sudah masuk, sudah dijelaskan bisa mengangkut kalau pasukan yang pakai dengan parasut, artinya penerjun, itu bisa mengangkut 98. Tapi kalau yang pasukan bukan penerjun bisa 128, pasukan. Dan, bisa mengangkut 19,9 ton,” kata Jokowi dalam keterangannya yang dikutip Holopis.com, Rabu (8/3).

“Artinya ini bagus untuk operasi militer maupun nonmiliter, untuk bencana alam juga bisa. Bisa menjangkau seluruh wilayah Indonesia karena pesawat Super Hercules ini bisa terbang 11 jam,” tambahnya.

Jokowi pun menjelaskan, total seluruh lima unit rencananya akan tiba pada Januari 2024 mendatang dan bisa langsung dirasakan manfaatnya untuk mendukung pertahanan.

Jokowi kemudian menyatakan komitmennya untuk terus melakukan peremajaan alutsisa TNI dengan menyesuaikan kondisi keuangan yang ada.

“Ya, semuanya, semuanya disesuaikan dengan anggaran yang kita miliki. Tapi, kita memang ingin berusaha agar terpenuhi, ya,” ujarnya.

Mengenai rencana penambahan, Jokowi pun mendukung rencana dari Prabowo Subianto untuk melakukan hal tersebut dalam kurun waktu tertentu.

“Kalau Pak Menteri sudah ngomong pasti, pasti, ya jelas,” pungkasnya.