HOLOPIS.COM, JAKARTA – Timnas U-20 Indonesia akan mengarungi sengitnya perhelatan Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan, dan akan berhadapan dengan Irak di laga perdana babak penyisihan Grup A, Rabu (1/3) pukul 19.00 WIB nanti.

Pelatih Timnas U-20 Indonesia, Shin Tae-yong mengaku bahwa skuadnya telah melakukan persiapan matang menjelang pertandingan, meski harus berjibaku dengan suhu dingin yang ada.

“Uzbekistan dan Indonesia sangat berbeda. Saat datang ke sini kami harus langsung beradaptasi,” ungkap Shin Tae-yong, sebagaimana informasi yang diterima Holopis.com, Rabu (1/3).

“Kami ke sini untuk ikut berpartisipasi di turnamen ini. Kami sudah bersiap-siap dengan baik menjelang pertandingan pertama,” ujarnya.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut diketahui telah memboyong sebanyak 23 pemain terbaiknya untuk merumput di Piala Asia U-20 2023.

Namun, sangat disayangkan bahwa salah satu pemain andalannya yakni Zanadin Fariz tak diikutsertakan, sebab gelandang Persis Solo tersebut mendapat cedera.

“Ya, Zanadin cedera sebelum datang ke sini. Meski begitu pemulihannya berjalan baik. Pergantian yang kami lakukan dilakukan karena kondisi fisiknya yang tidak baik dan cederanya kambuh. Nampaknya dia tidak bisa berpartisipasi di turnamen ini,” tambahnya.

Diketahui, Piala Asia U-20 2023 ini sejatinya jadi ajang pemanasan sekaligus pembuktian untuk Timnas U-20 Indonesia menjelang Piala Dunia U-20 2023 nanti.

Meski hasil yang didapat Timnas U-20 Indonesia di Piala Asia U-20 2023 ini tidak akan berpengaruh apa pun, namun perhelatan penting ini sangat penting untuk menyerap sebanyak-banyaknya pengalaman sehingga sudah siap mental pada Piala Dunia U-20 nanti.

“Tentu kami adalah tuan rumah Piala Dunia U-20. Meski kami akan tampil di Piala Dunia U-20, turnamen ini tetap penting bagi kami. Sebab ini adalah kesempatan kami menyaksikan performa para pemain,” kata Shin.

“Kami tidak bisa membawa separuh pemain tapi kami berusaha maksimal di turnamen ini karena panggung untuk menunjukkan ada di mana level kami sekarang,” tukasnya.