HOLOPIS.COM, JAKARTA – Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mendapatkan tingkat kepercayaan publik tertinggi. Hal tersebut diungkapkan oleh Lembaga Indostrategi Research and Consulting.

“Prabowo masih memuncaki tingkat elektabilitas tertinggi bila pemilihan presiden dilaksanakan hari ini dengan perolehan persentase 32,9 persen,” kata Direktur Indostrategi Research and Consulting Arif Nurul Imam dalam keterangan yang diterima Holopis.com, Senin (27/2).

Dia menjelaskan, posisi selanjutnya ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 21 persen dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dengan 19,8 persen.

“Intensitas dukungan Jokowi terhadap Prabowo, mengakibatkan migrasi pemilih Jokowi yang ada di Ganjar ke Prabowo,” katanya.

Selanjutnya, alasan lainnya adalah terkait dengan sepak terjang Prabowo Subianto di pemerintahan Presiden Joko Widodo, sehingga banyak kalangan pemilih masih menempatkan diri sebagai pemilih loyal Ketua Umum DPP Partai Gerindra itu.

“Membaiknya persepsi pendukung Prabowo terhadap sikap bergabungnya Prabowo kedalam pemerintahan. Lalu, kunjungan dan kegiatan Prabowo ke beberapa provinsi pada waktu lalu juga diduga menuai simpati dan dukungan terhadapnya,” jelasnya.

Selain itu, kinerja Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Dimana ada hubungan simetris antara kinerja Prabowo dengan TNI yang memeroleh kepercayaan tertinggi dari publik.